Model Pembangunan Desa Wisata dalam Perspektif Good Governance (study pada desa wisata di desa Pongkar)

  • Deska Zulkarnain Universitas Karimun
Keywords: Good Governsnce, Desa Wisata.

Abstract

Penelitian ini menggunakan metode pendekatan kualitatif atau naturalistic karena dilakukan pada kondisi yang alamiah dan nyata. Sugiyono (2014) mengemukakan bahwa metode pendekatan penelitian kualitatif adalah metode penelitian yang digunakan untuk meneliti pada obyek yang alamiah, dimana peneliti adalah sebagai instrument kunci, teknik pengumpulan data dilakukan secara tringgulasi (gabungan ),analisa data bersifat induktif dan hasil penelitian kualitatif lebih menekankan makna daripada hasil penelitian yang didapat.

Hasil dari penelitian ini dapat disimpulkan dari studi Penerapan Good Govenance dalam Pengelolaan Desa wisata di Desa Pongkar, pemerintah belum mampu menerapkan prinsip-prinsip good governance dalam pengelolaan kepariwisataan yang ada di Desa Pongkar. Sehingga menyebabkan belum optimalnya pengelolaan kepariwisataan yang ada di Desa Pongkar yang disebut dengan Desa wisata Desa Pongkar. Dan menyebabkan terjadi kesenjangan antara kebutuhan masyarakat akan kepariwisataan dengan minimnya peran pemerintah dalam memenuhinya.

Terdapat dua faktor yang menyebabkan belum optimalnya penerapan good govenance dalam pengelolaan Desa wisata Desa Pongkar. Penyebab pertama ialah belum optomalnya hubungan antara ketiga komponen penting dalam good governance yakni masyarakat, pemerintah dan swasta. Ketiga komponen tersebut belum mampu bersinergi bersama dalam pengelolaan kepariwisataan yang ada di Desa Pongkar. Penyebab yang kedua ialah berasal dari dalam pemerintahan itu sendiri, karena belum menerapkan budaya pemerintahan yang mendukung penerapan prinsip-prinsip good govenance. Selain itu Pemerintah Kabupaten Karimun dan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata masih lemah dalam merespon dan atau menanggapi kebutuhan masyarakat serta isu-isu yang berkembang di masyarakat dan saling salah menyalahkan antara pemerintah Provinsi Kepulauan Riau dengan Pemerintah Kabupaten Karimun dan antar setiap lembaga pemerintah.

Published
2020-01-09
How to Cite
Zulkarnain, D. (2020). Model Pembangunan Desa Wisata dalam Perspektif Good Governance (study pada desa wisata di desa Pongkar). JURNAL KEMUNTING, 1(1), 20-39. Retrieved from http://ejurnal.universitaskarimun.ac.id/index.php/IAN/article/view/28
Section
JURNAL KEMUNTING JANUARI 2020