Peran Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Karimun Dalam Meningkatkan Partisipasi Pemilih Pada Pemilu Presiden Tahun 2014

  • Rolly Sambuardi Universitas Karimun
  • Arifin Universitas Karimun
Keywords: Komisi Pemilihan Umum, Partisipasi dan Pemilu Presiden

Abstract

Penelitian ini membahas tentang Peran Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Karimun dalam Meningkatkan Partisipasi Pemilih pada Pemilu Presiden tahun 2014. Jenis penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian deskriptif kualitatif, yaitu tipe penelitian yang berusaha menggambarkan secara jelas tentang Peran Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Karimun dalam Meningkatkan Partisipasi Pemilih pada Pemilu Presiden tahun 2014. Adapun pokok permasalahan dalam Penelitian ini ini antara lain.

Bagaimana Peran Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Karimun dalam Meningkatkan Partisipasi Pemilih pada pemilu presiden tahun 2014? Dan apakah faktor pendukung dan penghambat Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Karimun dalam Meningkatkan Partisipasi Pemilih pada Pemilu Presiden tahun 2014?. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui bagaimana Peran Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Karimun dalam Meningkatkan Partisipasi Pemilih pada Pemilu Presiden tahun 2014 dan juga untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Karimun dalam Meningkatkan Partisipasi Pemilih pada Pemilu Presiden tahun 2014.

Hasil penelitian menggambarkan Peran yang dilakukan Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Karimun dalam Meningkatkan Partisipasi Pemilih pada Pemilu Presiden tahun 2014 yaitu (1). Melakukan sosialisasi kemasyarakat (2). Penyebaran informasi melalui alat-alat peraga seperti baliho, poster, pamflet, pin, spanduk, stiker pada mobil/motor/rumah (3). Sosialisasi melalui media massa seperti radio, dan surat kabar (4). Program Relawan Demokrasi (Relasi) (5). Sosialisasi mobil keliling. Selain Peran yang dilakukan Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Karimun, adapun faktor pendukung dan penghambat yang dihadapi Komisi Pemilihan Umum Kabupaten  Karimun dalam Meningkatkan Partisipasi Pemilih pada Pemilu Presiden tahun 2014 sebagai berikut: faktor pendukung yaitu jarak yang terjangkau oleh pemilih dan kampanye calon presiden. Sedangkan faktor penghambatnya yakni letak geografis, pola pikir masyarakat, Masalah Daftar Pemilih Tetap (DPT) dan kendala pada saat melakukan sosialisasi.

Author Biography

Arifin, Universitas Karimun

ok

Published
2020-01-09
How to Cite
Sambuardi, R., & Arifin. (2020). Peran Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Karimun Dalam Meningkatkan Partisipasi Pemilih Pada Pemilu Presiden Tahun 2014. JURNAL KEMUNTING, 1(1), 40-57. Retrieved from http://ejurnal.universitaskarimun.ac.id/index.php/IAN/article/view/29
Section
JURNAL KEMUNTING JANUARI 2020