PARTISIPASI MASYARAKAT DALAM MENGATASI BANJIR DIKELURAHAN SUNGAI LAKAM TIMUR KECAMATAN KARIMUN KABUPATEN KARIMUN ( Studi Kasus diwilayah RT 002 RW 003 )

  • Muhammad Taufiq Razali Universitas Karimun
  • Dewy Susanty Universitas Karimun
Keywords: partisipasi, masyarakat, banjir

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui partisipasi masyarakat serta faktor-faktor yang mempengaruhi dalam mengatasi banjir di Kelurahan Sungai Lakam Timur. Penelitian ini dilakukan di RT 002 RW 003 dari jumlah keseluruhan masyarakat adalah 189 KK, Penulis memutuskan mengambil untuk dijadikan sampel sebanyak 40 KK dengan 8 butir pertanyaan dan melakukan penyebaran angket untuk melakukan wawancara kemasyarakat yang berada di RT 002 RW 003, metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif.

Hasil penelitian mengatakan bahwa partisipasi masyarakat dalam mengatasi banjir di Kelurahan Sungai Lakam Timur RT 002 RW 003 yaitu kurangnya kesadaran antara anggota maupun kelompok untuk membersihkan lingkungan sekitar dan tidak adanya tindakan dari pemerintah untuk melakukan penyuluhan sosial tentang bencana, serta tidak adanya perubahan dari waktu ke waktu.

Author Biography

Dewy Susanty, Universitas Karimun

ok

Published
2020-01-09
How to Cite
Taufiq Razali, M., & Susanty, D. (2020). PARTISIPASI MASYARAKAT DALAM MENGATASI BANJIR DIKELURAHAN SUNGAI LAKAM TIMUR KECAMATAN KARIMUN KABUPATEN KARIMUN ( Studi Kasus diwilayah RT 002 RW 003 ). JURNAL KEMUNTING, 1(1), 84-104. Retrieved from http://ejurnal.universitaskarimun.ac.id/index.php/IAN/article/view/31
Section
JURNAL KEMUNTING JANUARI 2020