STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN DALAM MENINGKATKAN JUMLAH MAHASISWA BARU PADA UNIVERSITAS KARIMUN TAHUN AJARAN 2017 - 2018

  • Kasirul Fadhli Kasirul Universitas Karimun
Keywords: Strategi, Komunikasi, Pemasaran

Abstract

Universitas Karimun adalah universitas di bawah naungan Yayasan Tujuh Juli Karimun. Promosi oleh Universitas Karimun dalam berbagai cara, seperti membuat brosur. Baliho, facebook, dan kegiatan lainnya dengan berbagai cara, seperti membuat brosur, baliho, facebook, dan kegiatan lainnya ke berbagai media dan secara maksimal menggunakan media sosial dalam mempromosikan ke masyarakat terutama untuk mengakses situs langsung dari universitas Karimun itu sendiri, membuatnya sulit untuk masyarakat dan calon mahasiswa baru untuk mengaksesnya, kurangnya memanfaatkan media eksternal yang berisi kegiatan tentang kampus dan kelebihan masing-masing fakultas. Pemasaran selalu selalu tidak benar pada target ini terbukti melihat dari minat tahun sebelumnya pada siswa baru memasuki universitas karimun turun. Dalam penelitian ini, jenis penelitian yang akan digunakan oleh authos adalah penelitian kualitatif. Tempat penelitian dilakukan di universitas karimun jalan canggai putri. Populasi 40 orang dan semua mahasiswa universitas karimun. Dalam menentukan sampel / informan dalam penelitian, peneliti menggunakan teknik sampel sederhana (simple random sampling). Informan peneliti adalah 10 informan. Berdasarkan hasil penelitian analisis data yang telah dilakukan, penulis menyimpulkan bahwa strategi promosi yang dilakukan Universitas Karimun dalam hal menarik minat mahasiswa baru hampir mencapai target, terlihat dari antusias calon mahasiswa baru yang mendaftar juga tidak dapat ditafsirkan dari hasil kerjasama dengan universitas karimun yang mana pemerintah kabupaten karimun dalam kegiatan sosialisasi universitas karimun itu sendiri.

Published
2019-10-29
How to Cite
Kasirul, K. F. (2019). STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN DALAM MENINGKATKAN JUMLAH MAHASISWA BARU PADA UNIVERSITAS KARIMUN TAHUN AJARAN 2017 - 2018. JURNAL PURNAMA BERAZAM, 1(1), 1-14. Retrieved from http://ejurnal.universitaskarimun.ac.id/index.php/ILKOM/article/view/21
Section
OKTOBER 2019