ANALISIS FRAMING MEDIA ONLINE TENTANG PANDEMI COVID-19 (Studi Kasus Covid-19 Pada Media Online Tribun News.com dan Kepri.co.id Edisi Bulan Maret s/d Juni 2020)

  • Kasirul Fadli
  • Hj. Haryati
  • Prinda Novita
  • Setiawan
Keywords: Analisis Framing, Pandemi Covid 19, Media Tribunnews.com, WartaKepri.co.id

Abstract

Kasus pandemi covid 19 terjadi di belahan dunia khususnya indonesia, bahwa pada tanggal 2 maret 2020 covid 19 terjadi di wilayah indonesia dan mengakibatkan penyakit cepat menular. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bagaimana media tribunnews.com dan wartakepri.co.id menkontruksi suatu berita tentang pandemi covid 19.Pendekatan penelitian ini menggunakan pendeketan deskriptif kualitatif. Penelti menggunakan teori analisis framing dengan metode Zhondang Pan dan Gerald M.Kosicki.
Hal ini terlihat bagaimana peneliti menganalisis pembingkaian berita melalui analisis framing dengan metode Zhondang Pan dan Gerald M.Kosicki untuk melihat cara media tribunnews.com dan wartakerpi.co.id dalam mengkontruksi berita tersebut. Berdasarkan hasil penelitian dengan mengambil 8 berita, peneliti melihat bahwa media tribunnews.com dan wartakepri.co.id dalam pembingkaian berita covid 19 yang terjadi di bulan maret-juni 2020, akan tetapi setelah di teliti melalui sintaksis,skrip,tematik dan retoris terlihat jika tribunews.com dan wartakepri.co.id saling memberikan perbeadaan mengenai bagai cara mengkontruksi atau frame berita mengenai Pandemi covid - 19.

Published
2021-04-29
How to Cite
Kasirul Fadli, Hj. Haryati, Prinda Novita, & Setiawan. (2021). ANALISIS FRAMING MEDIA ONLINE TENTANG PANDEMI COVID-19 (Studi Kasus Covid-19 Pada Media Online Tribun News.com dan Kepri.co.id Edisi Bulan Maret s/d Juni 2020). JURNAL PURNAMA BERAZAM, 2(2), 172-200. Retrieved from http://ejurnal.universitaskarimun.ac.id/index.php/ILKOM/article/view/343
Section
APRIL 2021