IMPLEMENTASI METODE MATERNAL REFLEKTIF (MMR) DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SLB NEGERI SURAKARTA
Abstract
Penelitian ini bertujuan mengetahui implementasi metode maternal reflektif (MMR) dalam pembelajaran Bahasa Indonesia pada peserta didik tunarungu di kelas X SLB Negeri Surakarta. Metode yang digunakan ialah deskriptif kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Subjek penelitian yakni guru kelas dan peserta didik tunarungu berjumlah 5 siswa. Teknik pengambilan sampel dengan teknik purposive sampling, sementara teknik pengumpulan data melibatkan observasi, wawancara, dan dokumentasi serta gabungan ketiganya. Berkaitan dengan teknik uji validitas data menekankan triangulasi sumber dan triangulasi metode. Berlanjut ke teknik penganalisisan data menggunakan teknik analisis data model interaktif Miles dan Huberman yang mencakup pengumpulan data, pereduksian data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menjabarkan, implementasi metode maternal reflektif (MMR) di SLB Negeri Surakarta diawali dengan perencanaan berupa persiapan perangkat ajar yakni Modul Ajar dan ATP yang kemudian dilaksanakan pembelajaran Bahasa Indonesia dengan menyisipkan MMR secara tatap muka di kelas. Faktor pendukung berupa representasi akan fleksibilitas Kurikulum Merdeka yang diberlakukan, dedikasi guru sebagai tenaga pendidik, serta sikap kooperatif peserta didik dalam mengikuti kegiatan belajar mengajar (KBM). Faktor penghambat berupa skeptisisme latar belakang pendidikan guru, sarana kelas yang dirasa belum memadai secara komprehensif, serta kondisi tiap peserta didik yang berbeda-berbeda
Copyright (c) 2024 Indri yani
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.