E-ISSN 2807-4270

Focus :

              JUDIKHU - Jurnal Pendidikan Khusus  Merupakan  jurnal yang diterbitkan dari Prodi S1 Pendidikan Luar Biasa FKIP Universitas Karimun. JUDIKHU mendorong dosen, mahasiswa, praktisi, pemerhati, peminat PLB  dan guru untuk meneliti, menelaah, mengkaji, menelurkan gagasan kreatif untuk diterbitkan sebagai artikel-artikel ilmiah berkaitan dengan dunia Pendidikan Khusus dan permasalahannya, termasuk Pendidikan Inklusif dan Pendidikan Untuk Semua.

Scope :

              Judikhu – Jurnal Pendidikan Khusus adalah suatu wadah publikasi mutidisiplin yang menyajikan penelitian dan kajian ilmiah terkait dengan pendidikan luar biasa. Judikhu – Jurnal Pendidikan Khusus merupakan jurnal yang diterbitkan oleh Universitas Karimun. Judikhu – Jurnal Pendidikan Khusus bertujuan untuk menjadi jurnal utama untuk publikasi artikel di area pendidikan Luar Biasa.

1. Model

     Penelitian

              Penelitian adalah kegiatan dosen, mahasiswa, praktisi, guru menggunakan metodologi penelitian yang umum diterapkan untuk disiplin apapun juga, seperti rumusan hipotesis, menerapkan random sampling dan treatment dalam suatu penelitian eksperimen, disertai pengolahan data dengan rumusan statistik canggih.

     Penelitian Pengembangan

              Penelitian pengembangan adalah kegiatan dosen, mahasiswa, praktisi, guru menggunakan pendekatan penelitian khusus yang dikembangkan untuk disiplin Pendidikan Luar Biasa seperti pengembangan model pendidikan khusus atau produk pembelajaran pendidikan khusus, yang menghasilkan program pembelajaran pendidikan khusus, media pembelajaran dan sumber belajar kreatif dan inovatif.

     Kajian

              Kajian sebagaimana pendapat Molenda dan Januzewski, 2008, dimaknai sebagai kegiatan dosen, mahasiswa, praktisi, guru untuk membaca, menelaah, menerapkan, mencatat, merefleksikan, serta menuliskan dengan rinci fenomena, kecenderungan (trends), serta gagasan kreatif untuk merealisasikan model baru, memodifikasi dan menyeleraskan model belajar dan pembelajaran konvensional, media pembelajaran dan sumber belajar, asesmen belajar dan hal lain yang termasuk dalam sistem pembelajaran, agar dapat digunakan dan dimanfaatkan oleh generasi milenial.

     Gagasan kreatif

               Gagasan kreatif adalah gagasan yang mungkin saja berbeda dari umum, unik dan khas, tidak harus mahal namun tetap mengandung aspek kebaruan.  Sedangkan gagasan inovatif adalah gagasan yang sebagian besar merupakan sesuatu aspek kebaruan dari proses belajar, pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar, asesmen belajar dan aspek lain dari sistem pembelajaran.

      Latar

               Latar adalah tempat atau lokasi, situasi tertentu seperti di jenjang pendidikan formal (Paud - PT), di organisasi, di yayasan tertentu, dunia maya (virtual), atau di suatu tempat tertentu yang menyelenggarakan proses belajar dan pembelajaran.

2. Tema

  1. Mengajar anak berkebutuhan khusus
  2. Identifikasi dan Asesmen Anak Berkebutuhan Khusus
  3. Penanganan Anak Berkebutuhan Khusus
  4. Pembelajaran Kreatif
  5. Modifikasi Kurikulum untuk Anak Berkebutuhan Khusus di Sekolah Pendidikan Inklusi
  6. Teknologi Bantu untuk Anak Berkebutuhan Khusus
  7. Adaptif Fisik untuk Anak Berkebutuhan Khusus

3. Bahasa : Indonesia dan Inggris.