Peranan Peranan Teknologi Informasi Terhadap Mekanisme Pelayanan Pelabuhan Penumpang Internasional/Domestik Tanjung Balai Karimun Kabupaten Karimun Provinsi Kepulauan Riau

  • Tri Mardalena Dosen Program Studi Manajemen Kepelabuhan dan Pelayaran, Fkultas Sains dan Teknologi, Universitas Karimun
Keywords: Teknologi Informasi, Mekanisme Pelayanan

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah: 1). apabila terjadi kongesti (kepadatan) di pelabuhan, maka diperlukan data perencanaan kegiatan pelabuhan maupun berbagai data realisasi kegiatan pelabuhan; 2). agar kelancaran arus kapal dan barang di pelabuhan dapat terlaksana dengan baik, maka diperlukan perangkat teknologi informasi yang lengkap; 3). sistem informasi di berbagai instansi yang sudah ada maupun yang direncanakan masih berjalan secara sendiri-sendiri; dan 4). mekanisme pelayanan perlu ditingkatkan sesuai dengan perangkat peraturan yang berlaku. Tujuan penelitian, yaitu untuk mengetahui bagaimana peranan teknologi informasi dalam meningkatkan mutu mekanisme pelayanan di pelabuhan penumpang Internasional/Domestik Tanjung Balai Karimun Kabupaten Karimun Provinsi Kepulauan Riau. Jenis penelitian yang digunakan adalah kualitatif. Metode pengumpula data yang digunakan  adalah indepth interview (wawancara mendalam), observasi, dan dokumentasi. Data yang dikumpulkan dianalisis secara deskriptif. Dari hasil penelitian diperoleh, bahwa teknologi informasi yang digunakan di Pelabuhan Penumpang Internasional/Domestik Tanjung Balai Karimun Kabupaten Karimun Provinsi Kepulauan Riau sudah berbasis komputer dan saat ini mulai diterapkan sistem inaportnet oleh KSOP Kelas I Tanjung Balai Karimun selaku pihak pengelola/otoritas pelabuhan. Peranan teknologi informasi dalam meningkatkan mutu mekanisme pelayanan di pelabuhan penumpang Internasional/Domestik Tanjung Balai Karimun sangat besar, mengingat semakin meningkatnya jumlah penumpang yang naik/turun di pelabuhan tersebut. Selain itu sistem inaportnet yang sedang dijalankan saat ini sangat mendukung tercapainya tujuan peningkatan pembangunan di sektor tranportasi laut.

 

Kata Kunci: Teknologi Informasi, Mekanisme Pelayanan

Published
2020-08-11
Section
AGUSTUS VOL 2 NO 1. 2020