ANALISIS TARIF PELAYANAN JASA PELABUHAN KARGO PARIT REMPAK PADA PT KARYA KARIMUN MANDIRI

  • Afdal Kasmi Putra
  • Nisha Desfi Arianti
  • Tri Mardalena
Keywords: Tarif Pelayanan, Jasa Pelabuhan, Pelabuhan Kargo, Bongkar muat

Abstract

Penelitian ini berawal dari masalah minimnya fasilitas penunjang aktivitas bongkar muat di Pelabuhan Kargo Parit Rempak. Hal ini terkait dengan tarif yang harus dikeluarkan dari pemilik kapal atau perusahaan pelayaran yang mengoperasikan kapal tersebut.

            Penelitian ini bertujuan untuk (1) Menganalisis proses perhitungan tarif pelayanan jasa pelabuhan Kargo Parit Rempak pada PT. Karya Karimun Mandiri. (2) Menganalisis persepsi pengguna jasa pelabuhan terhadap tarif yang berlaku saat ini.

Penelitian ini dilakukan di pelabuhan Kargo Parit Rempak dimulai pada bulan April sampai dengan Mei 2020. Metode yang digunakan adalah observasi, wawancara dan kuesioner. Data dianalisis dengan metode kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam perhitungan pelayanan tambat dihitung dengan mengkali biaya pelayanan tambat dengan GT dan etmal. Jasa dermaga dihitung dengan mengkali antara biaya pelayanan dermaga dengan jumlah barang. Jasa penumpukan dihitung dengan mengkali antara biaya jasa penumpukan dengan lamanya barang di penumpukan. 8 atau 40% responden setuju dengan tarif yang berlaku saat ini. Saran bagi instansi, dapat meningkatkan pelayanan jasa pelabuhan, dan pengadaan alat bongkar muat.

Published
2021-02-22
Section
FEBRUARI VOL 2 NO 2. 2021