SISTEM PENGELOLAAN PELABUHAN RAKYAT LASDAP TEMBILAHAN TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN KABUPATEN INDRAGIRI HILIR PROVINSI RIAU

  • Muchti Chandra Dinata Mahasiswa Program Studi Manajemen Kepelabuhan dan Pelayaran Fakultas Sains dan Teknologi Universitas Karimun
  • Tri Mardalena Dosen Fakultas Sains dan Teknologi Universitas Karimun
  • Arief Rachman. B Dosen Fakultas Sains dan Teknologi Universitas Karimun
Keywords: Sistem, Pengelolaan, Pelabuhan Rakyat, Kepuasan, Pelanggan

Abstract

Penelitian ini di bertujuan untuk menganalisis Sistem Pengelolaan Pelabuhan Rakyat Lasdap Tembilahan Terhadap Kepuasan Pelanggan Kabupaten Indragiri Hilir Provinsi Riau. Penelitian ini dilaksanakan di pelabuhan rakyat Lasdap Tembilahan Kabupaten Indragiri Hilir Provinsi Riau dari tanggal 9 juni s/d 26 juni 2019. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif dengan jenis penelitian kuantitatif. Data penelitian diperoleh melalui instrument berupa angket tertutup. Instrumen ini digunakan untuk mengumpulkan data melalui dua variabel dengan 24 item pertanyaan. Berdasarkan hasil analisis data yang dilakukan pada 50 responden, menunjukan bahwa tingkat pelayanan di Pelabuhan Rakyat Lasdap Tembilahan sudah dalam kategori baik, dimana respon pengguna jasa pelabuhan rakyat Lasdap Tembilahan berada pada persentase responden sebesar 68,8%. Tidak hanya itu Tingkat kepuasan pelanggan di Pelabuhan Rakyat Lasdap Tembilahan pun sudah dalam kategori baik pada angka persentase sebesar 80,7%. Dan terdapat Pengaruh sistem pengelolaan terhadap kepuasan pelanggan di Pelabuhan Rakyat Lasdap Tembilahan yang dibuktikan dengan didapatkannya kategori sedang  pada angka 0,467. Hal ini mengandung arti bahwa ada pengaruh antara sistem pengelolaan terhadap kepuasan pelanggan namun tidak terlalu signifikan.

 

 

Published
2020-02-24
Section
FEBRUARI VOL 1 NO 2. 2020