ANALISIS PENGARUH SISTEM INFORMASI AKUNTANSI PENJUALAN DAN PENERIMAAN KAS TERHADAP SISTEM PENGENDALIAN INTERNAL (STUDI KASUS PADA PT. GOLDENCOMMUNICATION TANJUNG BALAI KARIMUN)

  • Yusmalina
  • Sri Elvi Sahfitri
  • Kasirul Fadli
  • Ferawaty Tambunan
Keywords: Sistem Informasi Akuntansi Penjualan, Penerimaan Kas, Pengendalian Intern

Abstract

Penerapan sistem informasi pada suatu bisnis secara umum dapat meningkatkan keunggulan bersaing (competitive advantage) dengan cara memberikan nilai tambah pada produk dan jasa yang dihasilkannya. Penerapan sistem informasi memerlukan input berupa data dan yang kemudian akan diproses menjadi informasi. Informasi ini nantinya diperlukan perusahaan untuk membantu operasionalnya dan juga dalam pengambilan keputusan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memperoleh gambaran secara menyeluruh mengenai pengaruh Sistem Informasi Akuntansi Penjualan Dan Penerimaan Kas Terhadap Pengendalian Intern. Penulis dalam melakukan penelitian dengan menggunakan penelitian asosiatif, dengan menggunakan metode kuantitatif. Peneliti menggunakan penelitian asosiatif karena pertanyaan dalam penelitian ini bersifat menanyakan hubungan antara dua variabel dengan prosedur pengumpulan data penelitian lapangan (field research) yang bertujuan untuk memperoleh gambaran yang jelas mengenai penelitian. Dimana pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi atau lapangan. Melalui penelitian yang dilakukan penulis, maka didapat hasil antara lain: hasil perhitungan antara variabel independent yaitu Sistem Informasi Akuntansi Penjualan dan Penerimaan Kas serta variabel dependent yaitu Pengendalian Inten. Hasil dari pengujian hipotesis didalam penelitian ini menunjukkan bahwa sistem informasi akuntansi penjualan dan penerimaan kas berpengaruh signifikan dan positif terhadap pengendalian intern.

Published
2020-07-20
How to Cite
Yusmalina, Elvi Sahfitri, S., Fadli, K., & Tambunan, F. (2020). ANALISIS PENGARUH SISTEM INFORMASI AKUNTANSI PENJUALAN DAN PENERIMAAN KAS TERHADAP SISTEM PENGENDALIAN INTERNAL (STUDI KASUS PADA PT. GOLDENCOMMUNICATION TANJUNG BALAI KARIMUN). JURNAL CAFETARIA, 1(2), 56-63. Retrieved from http://ejurnal.universitaskarimun.ac.id/index.php/akuntansi/article/view/148