PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN LOKASI TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN HOTEL BINTANG DUA DI KOTA BATAM

  • Wasiman
  • Frangky Silitonga
  • Agung Edy Wibowo
Keywords: Quality of Service, Location and Customer Loyalty

Abstract

Perkembangan Industri perhotelan di kota Batam berkembang dengan begitu cepat dengan dicanagkanya Batam menjadi salah satu program destiniasi wisata oleh pemerintah pusat sehingga menimbulkan efek terhadap persahaan swasta untuk berlomba lomba membangun hotel sehingga persaingan terhadap kualitas pelayanan secara otomatis semakin meningkat. Dalam penelitian ini metode  yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan cara membagikan kuesioner kepada pelanggan pelanggan hotel bintang dua di Kota Batam . Jumlah sampel dalam penelitian ini sebanyak 111 sampel. Hasil Uji R, dapat dilihat bahwa nilai Adjsuted R Square  sebesar 0,730,  atau sebesar 73.70%. Hal ini berarti variabel loyalitas pelanggan dapat dijelaskan oleh variabel kualitas pelayanan, variabel lokasi sebesar 73.0%, sedangkan sisanya sebesar 27.0% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak disertakan dalam penelitian ini. Hasil Uji F menyimpulkan bahwa variabel kualitas pelayanan dan lokasi berpengaruh terhadap loyalitas pelanggan Hotel Bintang dua di Kota Batam.

Published
2020-07-20
How to Cite
Wasiman, Silitonga, F., & Edy Wibowo, A. (2020). PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN LOKASI TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN HOTEL BINTANG DUA DI KOTA BATAM. JURNAL CAFETARIA, 1(2), 64-73. Retrieved from http://ejurnal.universitaskarimun.ac.id/index.php/akuntansi/article/view/162