ANALISIS PENGARUH MODAL DAN UTANG TERHADAP PROFITABILITAS (STUDI KASUS PT. MAULANA MITRA MEDIA)

  • Ferawati Ferawati Universitas Karimun
  • Pardila
  • Kasirul Fadli

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh Modal dan Utang terhadap profitabilitas di PT. Maulana Mitra Media secara parsial dan simultan. Dalam penelitian ini digunakan sebanyak 36 sampel penelitian dalam rentang waktu 3 tahun (2016-2018). Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode positifisme. Metode analisis yang digunakan adalah model analisis regresi linear berganda yang dilakukan dengan bantuan program komputer SPSS versi 25 for windows.

Hasil uji t menunjukkan bahwa modal berpengaruh terhadap profitabilitas hal ini dibuktikan dengan nilai t hitung sebesar 5,728 lebih besar dari t tabel 1,688 dan signifikan sebesar 0,00< dari tingkat yang diisyaratkan yaitu 0,05. Hasil ujiĀ  utang tidak berpengaruh terhadap profitabilitas hal ini dibuktikan dengan nilaiĀ  t hitung sebesar -3,207 lebih kecil dari t tabel sebesar 1,688 dan signifikan 0,003 < dari tingkat signifikan yang diisyaratkan yaitu 0,05. Secara simultan modal dan Utangsecara simultan berpengaruh terhadap profitabilitas hal ini dibuktikan dengan F hitung sebesar 17.097 lebih besar dari F tabel sebesar 3,259 dan signifikan sebesar 0,00 < dari tingkat signifikasi yang diisyaratkan yaitu 0,005

Kata Kunci : Modal, Utang dan Profitabilitas

Published
2020-01-22
How to Cite
Ferawati, F., Pardila, & Kasirul Fadli. (2020). ANALISIS PENGARUH MODAL DAN UTANG TERHADAP PROFITABILITAS (STUDI KASUS PT. MAULANA MITRA MEDIA). JURNAL CAFETARIA, 1(1), 49-62. Retrieved from http://ejurnal.universitaskarimun.ac.id/index.php/akuntansi/article/view/55