Analisis Pengaruh Pendapatan Beban Terhadap Penyajian Laporan Laba Rugi J & T Exspress Karimun (Studi Kasus PT. Duta Niaga Logistik J&T Ekspress Karimun Periode 2017-2019

  • yusmalina universitas karimun
  • Putri Handayani Universitas Karimun
  • Fauzan Haqiqi Universitas Karimun

Abstract

J&T Express adalah suatu perusahaan yang bergerak dibidang jasa ekpedisi pengiriman barang. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui Pengaruh baik secara simultan maupun parsial antara Pendapatan dan Beban terhadap Laba Rugi pada J&T Express Karimun, yang diukur dari variabel-variabel Pendapatan dan Beban. Penelitian ini menggunakan metode Kuantitatif dengan menggunakan data Sekunder.

Populasi dalam penelitian ini adalah laporan keuangan PT Duta Niaga Logistik J&T Express Tanjung Balai Karimun dan sebanyak 24 sampel Penelitian. Adapun teknik analisa data yang digunakan adalah regresi linier berganda, uji t, uji f (ANOVA), uji Determinan dengan menggunakan SPSS 20. Hasil analisa regresi menunjukkan bahwa variabel-variabel yang terdiri dari Pendapatan (X1), Beban (X2), mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap Laba Rugi (Y) J&T Express Karimun. Pendapatan (X1) merupakan variabel yang mempunyai pengaruh lebih besar dan dominan terhadap variabel Laba Rugi (Y) dengan nilai koefisien regresi sebesar 0.810.

Ketidaksesuaian antara Pendapatan dan Beban mengakibatkan penurunan Laba Rugi. Untuk dalam melakukan perhitungan Pendapatan hendaknya perusahaan dapat memanfaatkan beban-beban yang dikeluarkan perusahaan secara efektif dan efisien sehingga menghasilkan keuntungan yang tinggi.

Kata kunci: Pendapatan, Beban, Laba Rugi

Published
2020-01-23
How to Cite
yusmalina, Putri Handayani, & Fauzan Haqiqi. (2020). Analisis Pengaruh Pendapatan Beban Terhadap Penyajian Laporan Laba Rugi J & T Exspress Karimun (Studi Kasus PT. Duta Niaga Logistik J&T Ekspress Karimun Periode 2017-2019. JURNAL CAFETARIA, 1(1), 22-31. Retrieved from http://ejurnal.universitaskarimun.ac.id/index.php/akuntansi/article/view/65