PROGRAM PROTOKOL KESEHATAN COVID-19 DI PUSKESMAS MERAL BARAT

  • Edi kurniawan1 Universitas Karimun
  • Haryanti Universitas Karimun
  • Ilham Gantar Friansyah Universitas Karimun
  • Dirneti Universitas Karimun

Abstract

Pelaksanaan Tri Darma Perguruan Tinggi yang berupa pengajaran, penelitan, dan pengabdian pada masyarakat dan tempat yang ditetapkan yaitu di Puskesmas  Meral Barat guna membantu tenaga medis dalam rangka masa pandemi covid 19.

Metode pelaksanaan kegiatan selama 45 hari diawali pada tanggal 13  hari Senin tahun 2020. dengan adanya sosialisasi selama 3 hari langsung ke tempat sosialisasi di Puskesmas  Meral Barat. Kondisi tempat untuk pelayanan publik sudah menerapkan fasilitas-fasilitas protokol kesehatan COVID-19, di antaranya adalah tempat cuci tangan untuk membersihkan tangan yang disertai dengan sabun, lap kertas, dan poster tata cara membersihkan tangan yang sesuai dengan protokol kesehatan, poster-poster dan spanduk-spanduk protokol kesehatan, serta terdapat booth disinfektan. Aturan wajib bermasker, jaga jarak, dan cuci tangan juga sudah diberlakukan akan tetapi pegawai-pegawai Kantor Puskesmas Meral Barat.

Simpulan untuk Pengabdian Puskesmas  Meral Barat sangat lah berkesan kepada kegiatan dan program yang kami laksanakan, ada pun program dan kegiatan kami buat untuk mempermudah masyarakat desa mengetahui yang belum diketahui dan juga mempererat silatuhrahmi masyarakat desa karena kegiatan dan program yang kami laksanakan untuk mengumpulkan masyarakat agar selalu kompak dan menjaga solidaritas dan kesehatan antar masyarakat.

Kata Kunci : Protokol Kesehatan, Covid-19, Puskesmas Meral Barat

Published
2021-03-02
Section
Articles