OPTIMASI HAMBATAN KAPAL TERHADAP SUDUT KEMIRINGAN BOW KAPAL PATROLI 75 M

  • Bagus Gelis Pratama Putra Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya
  • Aries Sulisetyono Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya
Keywords: Kpala Patroli, Axe Bow, Maxsurf Resistance, Hambatan Total

Abstract

Aplikasi dari kapal jenis fast monohull dalam bentuk kapal patroli, coastguard, dan kapal perang semakin meningkat dalam beberapa dekade belakangan ini. Kapal fast monohull memiliki desain yang dirancang sedemikian rupa untuk mencapai kecepatan yang diinginkan. Dalam pembuatan sebuah kapal selalu memperhatikan parameter- parameter desain desain yang direncanakan juga pertimbangan sisi ekenomis. Dalam hal bentuk lambung, kapal fast  monohull sudah berkembang dengan memiliki berbagai macam konfigurasi. Salah satu konvigurasi bentuk lambung yang cukup populer belakangan ini adalah bentuk ‘Axe Bow’ yang di desain oleh Delft University of Technology (TU Delft) dan Maritime Research Institute Netherlands (MARIN). Keunikan dari konvigurasi lambung ini adalah bentuk bow (haluan)-nya yang tegak lurus kedepan menyerupai kapak yang diklaim memiliki performa hidrodinamis yang baik. Pada penelitian ini dilakukan analisa hambatan terhadap bentuk lambung kapal patroli dengan konvigurasi perubahan sudut lambung yang mendekati tegak lurus hingga tegak lurus. Dan mendapatkan hasil bahwa sudut kemiringan 90’ pada bow memberikan aspek hidrodinamis yang paling baik diantara variasi lainnya dengan hambatan total (Rt) senilai 474.8 kN dengan metode Holtrop, 604.8 kN dengan metode Compton dan 633.4 kN dengan metode Fung.

Published
2020-04-29
How to Cite
Pratama Putra, B. G., & Sulisetyono, A. (2020). OPTIMASI HAMBATAN KAPAL TERHADAP SUDUT KEMIRINGAN BOW KAPAL PATROLI 75 M . JURNAL JALASENA, 1(2), 77-84. Retrieved from http://ejurnal.universitaskarimun.ac.id/index.php/jalasena/article/view/98
Section
FEBRUARI 2020