Pengembangan Media Modul Pembelajaran Tematik Tema “Cuaca” Subtema “Perubahan Cuaca” Untuk Siswa Kelas III Sekolah Dasar

  • Fadli Surahman
  • Ranti Utami
  • Tisrin Maulina Dewi

Abstract

Masalah dalam penelitian ini yaitu siswa dalam proses pembelajaran masih bergantung pada guru sehingga dalam proses pembelajaran kurang optimal dan proses pembelajaran kurang optimal dan proses pembelajaran cenderung hanya menggunakan buku paket serta buku yang terdapat di perpustakaan.

            Jenis penelitian modul tematik cuaca subtema perubahan cuaca ini mengacu pada Research and development (R&D). Menurut Brog and Gall  terdapat sepuluh langkah-langkah penelitian pengembangan akan tetapi penulis hanya sampai uji coba lapangan tidak sampai pada tahap diseminasi dan implementasi dikarenakan keterbatasan peneliti.Subyek uji coba adalah siswa kelas IV SD Negeri 003 Tebing, yang terdiri dari uji coba lapangan awal 3 siswa, uji coba lapangan terbatas 9 orang dan uji coba pelaksanaan lapangan 24 siswa. Teknik dan pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan angket. Data analisi menggunakan metode deskriptif kuantitatif dan deskriptif kuantitatif.

            Berdasarkan penilaian kelayakan oleh ahli materi, dinyatakan “sangat Baik” dengan skor rata-rata 4,4. Hasil Validasi oleh ahli desain dinyatakan “sangat baik” dengan skor rata-rata 4,67. Hasil Respon guru dinyataka “Layak” dengan skor rata-rata 0,86. Hasil respon siswa uji coba lapangan awal dinyatakan “layak” dengan skor rata-rata 0,92 . Hasil respon siswa uji coba kelompok kecil dinyatakan “layak” dengan skor rata-rata 0,95. Hasil respon siswa uji coba pelaksanaan lapangan dinyatakan “layak” dengan skor rata-rata 0,99.

Kata Kunci : Pengembangan Modul, Tematik, Cuaca, Sekolah Dasar

Published
2020-05-31
Section
APRIL 2020