Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran IPA Dengan Menggunakan Media Visual Pada Siswa Kelas IV SDN 002 Tebing Kabupaten Karimun Tahun Ajaran 2017/2018

  • Hilda Oktri Yeni
  • Cilvia Anggraini
  • Fitria Meilina universitas karimun

Abstract

Faktor yang mempengaruhi hasil belajar adalah metode pembelajaran yang baik. Metode pembelajaran yang  kurang bervariasi dan dalam menjelaskan pelajaran guru hanya menyampaikan secara lisan tanpa menggunakan media pembelajaran yang tepat dalam menyampaikan materi pelajaran, akan memepengaruhi hasil belajar siswa.  Proses pembelajaran ini terjadi pada siswa IV SDN 002 Tebing. Dari hasil observasi pembelajaran IPA pada siswa kelas IV SDN 002 Tebing masih rendah.

Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang telah dilakukan dalam 2 siklus. Subjek dalam penelitian ini adalah kelas IV SDN 002 Tebing yang berjumlah 24 siswa yang terdiri dari 13 anak laki-laki dan 11 anak perempuan. Dalam pelaksanaannya, setiap siklus terdiri dari 2 kali pertemuan, yang terdiri dari 4 tahap yaitu, perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi.

Penggunaan media visual dapat meninggkatkan hasil belajar siswa dengan perbaikan siklus ke II. Peningkatan hasil belajar pada siklus pertama dengan total nilai 1610 dengan nilai rata-rata 67,08 dan persentase ketuntasan klasikal 66,67%. Sedangkan pada siklus kedua terjadi peningkatan dengan total nilai 2000 dan nilai rata-rata 83,33 dengan persentase ketuntasan klasikal 91,67%.

Kata Kunci: Hasil Belajar IPA, Media visual, pembelajaran IPA

Published
2020-05-31
Section
APRIL 2020