Pengaruh Penggunaan Media Kartu Kata Bergambar Dan Metode Konvesional Terhadap Hasil Belajar Kemampuan Membaca Siswa Pada Kelas II Di SDS 016 Muhammadiyah Karimun Tahun Ajaran 2019/2020

  • Tisrin Maulina Dewi
  • Mirnawati
  • Dirneti

Abstract

Masalah dalam penelitian ini yaitu hasil belajar kemampuan membaca yang masih rendah pada siswa kelas II SDS 016 Muhammadiyah Kabupaten Karimun. Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh penggunaan media kartu kata bergambar dan metode konvensional terhadap hasil belajar kemampuan membaca pada siswa kelas II SDS 016 Muhammadiyah Kabupaten Karimun Tahun Ajaran 2019-2020.

Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan Quasi Eksperimen. Sampel dalam penelitian ini adalah seluruh siswa siswi kelas II SDS 016 Muhammadiyah. Sampel dalam penelitian ini adalah 28 orang kelas IIA sebagai kelas Kontrol (x1) dengan metode konvensional dan 25 orang siswa kelas IIB sebagai kelas Eksperimen (x2) dengan media kartu kata bergambar. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa tes objektif 20 soal. Uji persyaratan sebelum menganalisis data yaitu uji normalitas dan uji homegenitas. Teknik analisis data dilakukan dengan uji statistic menggunakan uji-t.

Berdasarkan analisis data, terlihat bahwa: 1) Terdapat pengaruh signifikan media kartu kata bergambar terhadap hasil belajar kemampuan membaca pada siswa kelas II SDS 016 Muhammadiyah Tahun Ajaran 2019/2020 dengan thitung13,15>ttabel2,064. 2) Terdapat pengaruh signifikan Metode konvensional terhadap hasil belajar kemampuan membaca pada siswa kelas II SDS 016 Muhammdiyah Tahun Ajaran 2019/2020 dengan thitung10,99>ttabel2,025. 3) Terdapat perbedaan pengaruh signifikan Media kartu kata bergambar dan Metode konvensional terhadap hasil belajar kemampuan membaca pada siswa kelas II SDS 016 Tahun Ajaran 2019/2020 dengan thitung 2,379 >ttabel2,045.

Kata Kunci : Media Kartu Kata Bergambar, Metode Konvensional, Hasil Belajar

Published
2020-05-31
Section
APRIL 2020