Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dengan Menggunakan Strategi Belajar Peta Konsep Berbantukan Media Gambar Pada Siswa Kelas V Tema 1 Subtema 1 Sekolah Dasar Negeri 009 Teluk Kecamatan Kuala Kampar Tahun Pelajaran 2019/2020

  • Tisrin Maulina Dewi
  • Sulasmi
  • Dirneti

Abstract

Hasil pengamatan yang dilakukan peneliti di Sekolah Dasar Negeri 009 Teluk Kecamatan Kuala Kampar ditemukan permasalahan pembelajaran di kelas guru yang masih rendahnya hasil belajar siswa. Salah satu cara yang dapat dilakukan dalam mengatasi masalah tersebut yaitu dengan penggunaan strategi belajar peta konsep dengan berbantukan media gambar peta konsep.

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang terlaksana dalam 2 siklus dengan subjek penelitian adalah siswa kelas V sebanyak 15 orang, Terdiri dari 9 siswa laki-laki dan 6 siswa perempuan. Dalam pelaksanaannya, setiap siklus terdiri dari 2 kali pertemuan, yang terdiri dari 4 tahap yaitu, perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi.

Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan maka dapat disimpulkan bahwa Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dengan Menggunakan Strategi Belajar Peta Konsep Berbantukan Media Gambar Pada Siswa Kelas V Tema 1 Subtema 1 SD N 009 Teluk Kecamatan Kuala Kampar Tahun Pelajaran 2019 – 2020 sudah optimal. Pada siklus I hasil belajar siswa mengalami peningkatan dari rata-rata 59 menjadi 72 dan persentase ketuntasan 20% meningkat menjadi 60% dengan kategori “Baik”, ada siklus II hasil belajar siswa kembali meningkat dari siklus I yaitu rata-rata 72 menjadi 85 dan persentase ketuntasan 60% menjadi 80% dengan kategori “Sangat Baik”. Aktifitas Guru pada siklus I  dikategorikan “Baik” dengan persentase 73%. Sedangkan pada siklus II meningkat menjadi kategori “Sangat Baik” dengan pesentase 88%. Aktifitas Siswa  pada siklus I dikategorikan “Baik” dengan persentase 75% dan pada siklus II juga meningkat menjadi 88% dengan kategori “Sangat Baik”

Published
2020-05-31
Section
APRIL 2020