Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dalam Mengurutkan Bilangan 41 – 99 Melalui Media Kartu Bilangan Pada Tema 7 Subtema 2 Pembelajaran 6 Kelas 1 SD Negeri 001 Tebing Tahun Ajaran 2018/2019

  • Tisrin Maulina Dewi
  • Nurhapida
  • Fitria Meilina universitas karimun

Abstract

Hasil  belajar  matematika  masih  rendah  terutama  untuk  materi  mengurutkan  bilangan.  Pada umumnya   pembelajaran  yang  dilakukan  di  dalam  kelas  masih  konvensional. Proses pembelajaran ini terjadi di kelas I  SD Negeri  001  Tebing bahwa proses pembelajaran kurang efektif sehingga hasil belajar siswa rendah. Pembelajaran  matematika  materi  mengurutkan  bilangan    dengan  menggunakan  media  kartu  bilangan  mendorong  siswa  aktif  dan  saling  membantu   dalam  menguasai  materi  pembelajaran  untuk  dapat meningkatkan  hasil  belajar  mengurutkan bilangan 41 - 99  melalui  penggunaan media  kartu  bilangan  pada  tema 7 sub tema 2 pembelajaran 6  kelas  I  semester  2  SD Negeri  001  Tebing  Kabupaten  Karimun  Tahun  Ajaran  2018/2019.

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang terlaksana dalam 2 siklus dengan subyek penelitian kelas I C dengan jumlah siswa 28, laki – laki  20 siswa dan perempuan 8 siswa, di SD Negeri 001 Tebing, Tanjung Balai Karimun, Provinsi Kepulauan Riau. Dalam pelaksanaannya, setiap siklus terdiri dari 2 kali pertemuan, yang terdiri dari 4 tahap yaitu, perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi.

Berdasarkan penelitian yang dilakukan dapat disimpulkan hasil belajar pada prasiklus, siklus I dan siklus II, pembelajaran dengan menggunakan media kartu bilangan dapat meningkatkan motivasi belajar siswa yang ditunjukkan dengan perolehan hasil  belajar siswa  rata-rata 63,5 pada siklus I, dengan persentase 46%, dan meningkat rata-rata menjadi 88  pada siklus II, dengan persentase 86%.  Aktivitas guru menunjukkan 12 dari 23 indikator aktivitas guru terlaksana dengan baik dengan persentase 80%., sedangkan aktivitas guru pada siklus II meningkat   tergolong sangat baik dengan persentase 93%, berada pada kategori sangat baik. Hasil observasi aktivitas siswa  penelitian menunjukkan dari 10 indikator aktivitas siswa terlaksana dengan baik, dengan persentase 70%, sedangkan pada siklus II aktivitas siswa meningkat  tergolong sangat baik dengan persentase 85%.

Kata Kunci: hasil belajar, media kartu bilangan, pembelajaran matematika

Published
2020-05-31
Section
APRIL 2020