PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBENTUK MINIATUR RUMAH ADAT PADA TEMA 7 UNTUK SISWA KELAS IV SDN 002 TEBING KABUPATEN KARIMUN

  • Fitria Meilina
  • Fadli Surahman
  • Maya Sari universitas karimun
Keywords: fkip pgsd

Abstract

Abstrak

Maya Sari.2019. Pengembangan Media Pembelajaran Berbentuk Miniatur Rumah Adat Pada Tema 7 Untuk Siswa Kelas IV SD Negeri 002 Tebing Kabupaten Karimun. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan. Universitas Karimun.

Masalah dalam penelitian ini yaitu masih terbatasnya media pembelajaran, sehingga  guru hanya menggunakan media yang ada di sekolah saja dan belum pernah dikembangkan media pembelajaran  miniatur rumah adat. Tujuan yang akan dicapai melalui penelitian ini adalah untuk mengetahui kelayakan media pembelajaran miniatur rumah adat menurut validator ahli materi, validator ahli media, Respon guru kelas V, pada uji coba perorangan, uji coba lapangan kelompok kecil, dan uji coba lapangan kelompok besar.Jenis penelitian Research And Development ( R&D).Hasil penilaian kelayakan media pembelajaran miniatur rumah adat  sebagai berikut : 1) Hasil validasi ahli materi memperoleh skor rata-rata 4 dengan kriteria “Sangat Baik”. 2) Hasil validasi ahli media memperoleh skor rata-rata 4 dengan kriteria “Sangat Baik”. 3) Hasil respon guru terhadap media miniatur rumah adat memperoleh persentase 100% dengan kriteria “Layak”  untuk digunakan.  4) Hasil respon siswa terhadap media miniatur rumah adat memperoleh persentase 100% dengan kriteria “Layak”

Published
2020-10-29
Section
OKTOBER 2020