PENGEMBANGAN MODUL TEMATIK CITA-CITAKU BAGI SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR TAHUN AJARAN 2018-2019

  • Fitria Meilina universitas karimun
  • Rezita Fauziah Putri Siregar Universitas Karimun
  • Fadli Surahman Universitas Karimun
  • Tisrin Maulina Dewi Universitas Karimun
Keywords: Modul, Tematik, Sekolah Dasar

Abstract

Masalah dalam penelitian ini yaitu siswa dalam proses pembelajaran masih bergantung pada guru sehingga dalam proses pembelajaran kurang optimal dan proses pembelajaran cenderung hanya menggunakan buku paket pegangan utama saja yaitu buku paket tematik adapun media buku lainnya tidak relevan dengan kurikulum 2013. Jenis penelitian pengembangan modul tematik cita-citaku ini mengacu pada Research and Develoment (R&D). Terdapat sepuluh langkah-langkah penelitian pengembangan akan tetapi penulis hanya sampai uji coba lapangan terbatas tidak sampai pada tahap diseminasi dan implementasi dikarenakan keterbatasan peneliti. Berdasarkan penilaian kelayakan oleh ahli materi, dinyatakan ‟sangat baik/sangat layak” pesentase rata-rata 91%. Hasil validasi oleh ahli desain kriteria ‟sangat baik/sangat layak” pesentase rata-rata 82%, Hasil respon guru dengan kriteria ‟sangat membantu” pesentase rata-rata 3,7%. Hasil respon siswa uji coba lapangan awal kriteria ‟baik” pesentase rata-rata 78%, Hasil respon siswa uji coba lapangan kelompok kecil dengan kriteria ‟baik” pesentase rata-rata 80% dan Hasil respon siswa uji coba lapangan kelompok terbatas dengan kriteria ‟sangat baik” pesentase rata-rata 83% .

Author Biographies

Rezita Fauziah Putri Siregar, Universitas Karimun

Fix

Fadli Surahman, Universitas Karimun

ok

Tisrin Maulina Dewi, Universitas Karimun

ok

Published
2019-10-29
Section
OKTOBER 2019