PENGEMBANGAN MODUL TEMATIK TEMA “MENYAYANGI TUMBUHAN DAN HEWAN” SUBTEMA “MANFAATTUMBUHAN BAGI KEHIDUPAN MANUSIA” UNTUK SISWA KELAS IIISDN 007 TEBING

  • Tisrin maulina dewi universitas karimun
  • Edi Kurniawan universitas karimun
  • Eci Parlina

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi adanya masalah dimana peserta didik mengalami kesulitan memahami pembelajaran tema “Menyayangi tumbuhan dan hewan” dikarnakan materinya kurang lengkap untuk dipahami oleh siswa dan beberapa materi yang ada pada buku tidak menjelaskan secara rinci. Jenis penelitian adalah penelitian pengembangan (research and development) Menurut Borg And Gall ( dalam Maharani ), pengembangan modul tematik ini dilakukan dengan sembilan tahapan, subjek uji coba adalah siswa kelas III SDN 007 Tebing, yang terdiri dari uji coba lapangan awal 3 siswa, uji coba lapangan 9 siswa dan uji coba pelaksanaan lapangan 18 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancaran, angket dan observasi. Teknik analisis data pada penelitian ini adalah teknik analisis data kualitatif dan data kuantitatif. Berdasarkan penilaian kelayakan oleh ahli materi, dinyatakan “Sangat Baik” dengan rata-rata skor 4,33. Hasil validasi oleh ahli media, dinyatakan “ Sangat Baik” dengan rata-rata skor 4,15. Hasil respon guru, dinyatakan “Layak” dengan rata-rata skor 1. Hasil respon siswa uji coba lapangan awal, dinyatakan “Layak” dengan rata-rata skor 0,95. Hasil respon siswa uji coba lapangan, dinyatakan “Layak” dengan rata-rata skor 1. Hasil uji pelaksanaan lapangan, dinyatakan ‘ Layak ‘ dengan rata- rata skor 1.

Published
2020-10-29
Section
OKTOBER 2020