PELATIHAN KOMPETENSI GURU SEKOLAH INKLUSIF DALAM PEMAHAMAN ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS DI KABUPATEN KARIMUN

  • Karunia Yulinda Khairiyah universitas karimun
  • Tri Lestari Universitas Karimun
  • Eka Lenggang Dianasari Universitas Karimun
  • Nur Wisma Universitas Karimun
Keywords: Kompetensi guru, Sekolah inklusif, Berkebutuhan khusus

Abstract

Keterbatasan pemahaman dan penerimaan akan keberadaan anak berkebutuhan khusus guru membutuhkan pengetahuan dan pengalaman dalam menangani anak berkebutuhan khusus. Pengetahuan dan pemahaman tentang anak berkebutuhan khusus ini seharusnya dimiliki guru jika guru berlatar belakang dari pendidikan luar biasa, namun pada kenyataanya guru bukan berlatar belakang pendidikan khusus dan belum mendapatkan pelatihan khusus tentang anak berkebutuhan khusus. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa efektif pelatihan kompetensi guru dalam meningkatkan pemahaman anak berkebutuhan khusus di sekolah inklusif yang ada di Tanjung Balai Karimun. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan desain eksperimen pretest-postest. Hasil penelitian menunjukkan nilai mean 5,71, median 7, modus 3, maka nilai Z yang didapat sebesar -5.71 dengan p value sebesar signifikan adalah = .000 dimana kurang dari batas kritis penelitian taraf signifikan 5% (0,05), artinya (sig < 0,05) sehingga keputusan hipotesis O1= 14,71 O2 = 20.42 adalah O2 lebih besar dari O1 maka kendali mutu berpengaruh positif atau yang berarti terdapat perbedaan bermakna antara kelompok pretest dan posttest. Dapat disimpulkan bahwa pelatihan kompetensi guru dalam meningkatkan pemahaman anak berkebutuhan khusus di sekolah Inklusif yang ada di Tanjung Balai Karimun sangat efektif.

Author Biographies

Tri Lestari, Universitas Karimun

ok

Eka Lenggang Dianasari, Universitas Karimun

yes

Nur Wisma, Universitas Karimun

ok

Published
2019-10-29
Section
OKTOBER 2019