SISTEM PERANCANGAN APLIKASI ANDROID BEADS CARD SEMPOA DI TC.GENIUS KIDS SEMPOA SIP TANJUNG BALAI KARIMUN

  • Dina Fara Waidah Universitas Karimun
  • Kartika Aruna Putri Universitas Karimun
Keywords: Sempoa, Beads Card Sempoa, Aplikasi, Android

Abstract

Sempoa adalah alat hitung kuno, bentuknya berupa persegi panjang yang berisi manik-manik dalam jumlah tertentu. Bentuk dari sempoa adalah pada tiang-tiang sempoa memiliki satu manik yang bernilai lima di atas garis pembatas (kantung manik) dan ada empat manik di bawah garis pembatas (kantung manik). Seiring dengan berkembangnya teknologi pembelajaran sempoa semakin berkembang. Sistem pembelajaran dengan kartu manik (beads card) sempoa ini di implementasikan pada ponsel berbasis android. Aplikasi pembelajar ini dapat digunakan sebagai alternatif untuk menarik pengguna dalam mengetahui kartu manik (beads card) sempoa melalui smartphone. Aplikasi pembelajaran kartu manik (beads card) sempoa ini menggunakan metodologi prototyping. Hasil pengujian membuktikan bahwa pembelajaran kartu manik (beads card) sempoa dapat di implementasikan pada ponsel berbasis android dengan baik dan membantu dalam pembelajaran sempoa. Sistem yang sudah berjalan di TC Genius Kids masih menggunakan buku literatur, tetapi seiring berkembangnya teknologi sistem pembelajaran di TC Genius Kids akan dikembangkan menggunakan pembelajaran berbasis android.

Author Biography

Kartika Aruna Putri, Universitas Karimun

deal

Published
2020-01-14
How to Cite
Fara Waidah, D., & Aruna Putri, K. (2020). SISTEM PERANCANGAN APLIKASI ANDROID BEADS CARD SEMPOA DI TC.GENIUS KIDS SEMPOA SIP TANJUNG BALAI KARIMUN. JURNAL TIKAR, 1(1), 30-43. https://doi.org/10.1234/teknik_informatika.v1i1.36
Section
JANUARI 2020