PERANCANGAN & IMPLEMENTASI APLIKASI E-COMMERCE “PEMASARAN UMKM ALPOKAT KOCOK MR. BLACK BERBASIS WEB”

  • Noval Alfiyan Jaya Universitas Karimun
  • Dwi Wahyuni
  • Dwi Arfinanta
  • John Friadi
  • Suryadi
Keywords: Metode Prototype, UMKM, Website

Abstract

Dari data Dinas Perdagangan Kabupaten Karimun ada 12.000 pelaku usaha mikro kecil menengah di Kabupaten Karimun. Dengan adanya data tersebut, tentu saja UMKM memiliki persaingan masing-masing dalam hal pemasaran suatu produk. Dengan perkembangan teknologi saat ini, banyak UMKM yang memanfaatkannya untuk pemasaran digital. Salah satu UMKM yang ada di Kabupaten Karimun adalah Alpokat Kocok Mr. Black. Untuk meningkatkan dan menarik daya beli konsumen, peneliti membuat pengadaan sistem informasi berbasis web untuk UMKM Alpokat Kocok Mr.Black. Sistem informasi tersebut menggunakan metode prototype dimana pengembang sistem dan pengguna saling berkomunikasi dalam penyamaan terhadap pemodelan sistem dan memiliki kualitas sesuai dengan kebutuhan yang diinginkan. Dengan adanya sistem informasi ini diharapkan dapat memudahkan baik dari sisi penjual maupun pembeli. Apalagi di saat pandemic covid-19 ini, pengadaan sistem informasi ini sangat menguntungkan karena konsumen bisa memesan langsung melalui website kemudian langsung diantar oleh penjual kerumah tanpa harus antri di tempat jualan.

Published
2021-08-13
How to Cite
Noval Alfiyan Jaya, Wahyuni, D., Arfinanta, D., Friadi, J., & Suryadi. (2021). PERANCANGAN & IMPLEMENTASI APLIKASI E-COMMERCE “PEMASARAN UMKM ALPOKAT KOCOK MR. BLACK BERBASIS WEB”. JURNAL TIKAR, 2(2), 102-106. https://doi.org/10.1234/teknik_informatika.v2i2.392
Section
JUNI 2021