PEMBUATAN ANIMASI 2D SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN MURID TK SWASTA AURA KARIMUN MENGGUNAKAN SMARTPHONE

  • Dina Fara Waidah Universitas Karimun
  • Muhammad Iskandar Zulkarnain Universitas Karimun
  • Fajar Tyas Adi Universitas Karimun
  • Widi Suyudi Ashari Universitas Karimun
Keywords: Video, Animasi, 2 Dimensi, Smartphone, Pembelajaran

Abstract

Animasi merupakan hasil pengolahan gambar tangan sehingga menjadi gambar yang bergerak. Kini dengan kemajuan teknologi dan bantuan grafika komputer, pembuatan animasi menjadi sangat mudah dan cepat bahkan sudah dapat dibuat hanya dengan menggunakan smartphone. Model pembelajaran adalah kerangka kerja yang memberikan gambaran sistematis untuk melaksanakan pembelajaran agar membantu belajar siswa dalam tujuan tertentu yang ingin dicapai. Hubungan antara animasi dan pendidikan pun menjadi sangat erat karena dibutuhkannya suatu media pembelajaran dalam bidang pendidikan. Tujuan dari penelitian ini diharapkan dapat mengetahui apakah animasi sebagai media pembelajaran dapat meningkatkan minat belajar siswa TK Aura Swasta dan menjadi lebih efektif. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan metode pengembangan multimedia yaitu Luther Sutopo. Hasil dari penelitian ini adalah penggunaan video animasi sebagai media pembelajaran dapat meningkatkan minat belajar dan keefektifan murid dikelas karena anak-anak menjadi tertarik dan orang tua dapat mengulang kembali pelajaran kepada anak dirumah dengan menggunakan smartphone.

Published
2024-08-17
How to Cite
Fara Waidah, D., Zulkarnain, M. I., Adi, F. T., & Ashari, W. S. (2024). PEMBUATAN ANIMASI 2D SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN MURID TK SWASTA AURA KARIMUN MENGGUNAKAN SMARTPHONE . JURNAL TIKAR, 5(2), 75-87. https://doi.org/10.51742/teknik_informatika.v5i2.1377
Section
JUNI 2024

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 > >>