IMPLEMENTASI PROGRAM PENGEMBANGAN KEWIRAUSAHAAN DAN KEUNGGULAN KOMPETITIF UKM OLEH DINAS PERINDUSTRIAN PERDAGANGAN KOPERASI DAN UKM KABUPATEN KEPULAUAN MERANTI (STUDI PENGRAJIN SAGU)

  • Hendry Andry Universitas Karimun
  • Zulkifli Universitas Islam Riau

Abstract

Kedudukan Usaha Kecil dan Menengah memiliki potensial yang sangat besar dalam perekonomian nasional, dalam hal ini Pemerintah memanfaatkan UKM untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat, mengurangi kemiskinan, mengurangi pengangguran dan meningkatkan perekonomian masyarakat. Di Kabupaten Kepulauan Meranti, Pemerintah telah memberikan bantuan untuk kemajuan pengembangan UKM, namun bantuan yang diterima oleh UKM yang ada di Kecamatan Tebing Tinggi tidak dilakukan secara merata dan kurangnya perhatian Pemerintah dalam melaksanakan program ini. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan dan menganalisis Implementasi Program Pengembangan Kewirausahaan dan Keunggulan Kompetitif UKM pada pengrajin sagu di Kabupaten Kepulauan Meranti. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan teknik analisa model interaktif. Hasil penelitian menemukan bahwa Pelaksanaan program pengembangan kewirausahaan dan keunggulan kompetitif UKM yang dilakukan oleh Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi dan UKM Kabupaten Kepulauan Meranti dilihat dari teori implementasi kebijakan belum cukup diterapkan secara maksimal. Masih kurangnya sarana dan prasarana dalam proses pengolahan sagu mengakibatkan terhambatnya pelaksanaan pengolahan sagu di beberapa UKM di Desa Banglas dan Desa Alah Air. Selain itu, tidakadilnya Pemerintah dalam memberikan bantuan baik dalam bentuk modal usaha maupun bantuan alat produksi di beberapa UKM menyebabkan adanya perbedaan perkembangan kemajuan UKM.

Published
2022-01-22
How to Cite
Hendry Andry, & Zulkifli. (2022). IMPLEMENTASI PROGRAM PENGEMBANGAN KEWIRAUSAHAAN DAN KEUNGGULAN KOMPETITIF UKM OLEH DINAS PERINDUSTRIAN PERDAGANGAN KOPERASI DAN UKM KABUPATEN KEPULAUAN MERANTI (STUDI PENGRAJIN SAGU). JURNAL KEMUNTING, 3(1), 603-612. https://doi.org/10.0506/jkg.v3i1.507
Section
JURNAL KEMUNTING JANUARI 2022