ANALISIS PELAYANAN PUBLIK PADA UNIT PELAKSANA TEKNIS DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL KECAMATAN PINGGIR KABUPATEN BENGKALIS (STUDI PELAYANAN KARTU KELUARGA DAN E-KTP)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis Pelayanan Publik Pada Unit Pelaksana Teknis Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kecamatan Pinggir Kabupaten Bengkalis. Indikator penilaian pelayanan publik yang dipergunakan meliputi transparansi, akuntabilitas, kondisional, partisipatif dan kesamaan hak. Tipe penelitian ini adalah survey deskriptif kuantitatif, yaitu memperioritaskan daftar kuisioner sebagai alat pengumpulan data. Adapun populasi dan sampel pada penelitian ini yaitu berjumlah 44 orang. Jenis dan teknik pengumpulan data yang digunakan terdiri dari, data primer dikumpulkan dengan menggunakan teknik daftar kuisioner dan wawancara serta teknik observasi. Sementara teknik analisa data yang dipergunakan adalah dengan menggunakan alat bantu tabel frekuensi. Berdasarkan teknik analisis ini peneliti menilai dan menyimpulkan bahwa Analisis Pelayanan Publik Pada Unit Pelaksana Teknis Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kecamatan Pinggir Kabupaten Bengkalis (Studi Pelayanan Kartu Keluarga dan E-KTP) dikategorikan cukup baik.