ANALISIS KEMITRAAN PEMERINTAH KOTA DAN SWASTA DALAM PENGEMBANGAN PASAR RAKYAT (STUDI TENTANG PENGELOLAAN PASAR BAWAH / PASAR WISATA DI KOTA PEKANBARU)

  • Kartius Universitas Islam Riau
  • Irene Oktaviani Bullu Universitas Islam Riau

Abstract

Penelitian ini dilakukan atas dasar bertujuan untuk mengetahui Kemitraan Pemerintah Kota dan Swasta Dalam Pengembangan Pasar Rakyat Di Pasar Bawah/Pasar Wisata Kota Pekanbaru. Fenomena yang penulis temui yaitu 1.Sarana dan prasarana pasar yang kurang memadahi seperti eskalator. 2.Belum tersalurkannya aspirasi masyarakat pada proses perencanaan pembangunan secara optimal. 3.Belum adanya kemitraan pemberdayaan pedagang pasar untuk meningkatkan kualitas pasar. 4.Lemahnya regulasi kemitraan dalam penataan perparkiran pengelolaan pasar. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari primer yang dilakukan dengan menggunakan teknik wawancara, terjun langsung kelapangan, dan data sekunder yang dilakukan dengan menggunkan teknik observasi, dokumentasi. Sementara itu teknik yang dalam menganalisa data digunakan adalah metode kualitatif. Adapun hasil yang dilakukan penelitian den gan judul “Analisis Kemitraan Pemerintah Kota dan Swasta Dalam Pengembangan Pasar Rakyat (Studi Tentang Pengelolaan Pasar Bawah/Pasar Wisata Kota Pekanbaru)” dengan menggunakan indikator variabel regulasi, pemberdayaan, pelatihan atau program, pelayanan, pembangunan gedung, sarana prasarana, pemeliharaan (maintenance). Sehingga dapat disimpulkan bahwa Kemitraan Pemerintah Kota dan Swasta Dalam Pengembangan Pasar, terlihat masih kurang pengarahan yang diberikan oleh kedua belah pihak.

Published
2022-01-22
How to Cite
Kartius, & Irene Oktaviani Bullu. (2022). ANALISIS KEMITRAAN PEMERINTAH KOTA DAN SWASTA DALAM PENGEMBANGAN PASAR RAKYAT (STUDI TENTANG PENGELOLAAN PASAR BAWAH / PASAR WISATA DI KOTA PEKANBARU) . JURNAL KEMUNTING, 3(1), 545-570. https://doi.org/10.0506/jkg.v3i1.509
Section
JURNAL KEMUNTING JANUARI 2022