IMPLEMENTASI KEBIJAKAN PENERIMAAN PESERTA DIDIK BARU (PPDB) MENGGUNAKAN SISTEM ZONASI PADA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI (SMPN) DI KECAMATAN BUKIT RAYA KOTA PEKANBARU

  • Erzain Hazaki Universitas Karimun
  • Eko Handrian Universitas Islam Riau

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis Implementasi Kebijakan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Menggunakan Sistem Zonasi Pada Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN) di Kecamatan Bukit Raya Kota Pekanbaru. Indikator penilaian yang dipergunakan meliputi komunikasi, sumber daya, disposisi dan struktur birokrasi. Tipe penelitian ini adalah survey diskriptif dengan analisa kuantitatif, yaitu memprioritaskan daftar kuisioner sebagai alat pengumpulan data. Adapun populasi dan sampel pada penelitian ini berjumlah 29 orang. Jenis dan teknik pengumpulan data terdiri dari data primer dikumpulkan menggunakan teknik kuisioner dan wawancara, serta data sekunder dikumpulkan menggunakan teknik observasi dan dokumentasi. Sementara teknik analisa data menggunakan tabel frekwensi. Berdasarkan teknik analisis ini peneliti menilai dan menyimpulkan bahwa Implementasi Kebijakan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Menggunakan Sistem Zonasi Pada Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN) di Kecamatan Bukit Raya Kota Pekanbaru dikategorikan Cukup Terimplementasi. Faktor penghambatnya adalah ketika dalam kondisi mati lampu atau jaringan internet sedang down, maka akan menghambat kegiatan PPDB yang sedang dilakukan secara online. Selain itu juga sering terjadi server full dikarenakan banyak yang masuk atau login di waktu yang bersamaan. Dan orang tua atau wali murid yang gagap teknologi merasa kebingungan bagaimana cara mendaftar dan memasukkan persyaratannya secara online.

Published
2023-07-13
How to Cite
Erzain Hazaki, & Eko Handrian. (2023). IMPLEMENTASI KEBIJAKAN PENERIMAAN PESERTA DIDIK BARU (PPDB) MENGGUNAKAN SISTEM ZONASI PADA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI (SMPN) DI KECAMATAN BUKIT RAYA KOTA PEKANBARU. JURNAL KEMUNTING, 4(2), 1081-1101. https://doi.org/10.0506/jkg.v4i2.980
Section
JURNAL KEMUNTING JULI 2023