PERSEPSI MASYARAKAT TERHADAP PELAYANAN APLIKASI ONLINE BUKA LAPAK SEBAGAI MEDIA KOMUNIKASI TEKNOLOGI (Studi Kasus Persepsi Pada Konsumen Online Bukalapak Di Kabupaten Karimun Tahun 2018 – 2019)

  • Kasirul Fadli
  • Haryati
  • Mitrayati
  • Aprizal

Abstract

Marketplace adalah suatu wadah komunitas bisnis interaktif secara elektronik yang
meyediakan pasar dimana perusahaan dapat ambil andil dalam e-commerce dan ebusiness lain (Brunn, Jensen, & Skovgaard). Marketplace menyediakan banyak fasilitas
yang dibutuhkan secara Cuma-Cuma dan penjual tidak membutuhkan pembuatan website
dengan mengeluarkan banyak biaya. Bukalapak merupakan salah satu Marketplace yang
cukup populer di Indonesia yang dimiliki dan dijalankan oleh PT. Bukalapak. Dengan
adanya aplikasi bukalapak memudahkan para konsumen memenuhi kebutuhannya, serta
tidak perlu mengeluarkan banyak waktu untuk berbelanja. Mereka hanya menunggu maka
produk yang mereka butuhkan akan diantar sampai kealamat tujuan. Bukalapak
memberikan fasilitas transaksi online sekaligus menyediakan ATM dengan metode
pembayarannya untuk menjamin keamanan bertransaksi di marketplace tersebut.
Berdasarkan latar belakang diatas, maka dapat dihasilkan hipotesis sementara dalam
penelitian ini ialah indeks kepuasan masyarakat secara menyeluruh terhadap hasil
pelayanan publik bukalapak. adapun unsur – unsur indeks kepuasan masyarakat adalah
Prosedur pelayanan, Persyaratan pelayanan, Kejelasan petugas pelayanan, Tanggungjawab
petugas pelayanan, Kedisplinan, dan Keadilan. Jenis penelitian ini adalah deskriptifkuantitatif, yaitu jenis penelitian yang menggabungkn antara penelitian kuntitatif dengan
penelitian kualitatif. Dalam penelitian ini yang menjadi populasi ialah konsumen online
bukalapak di Kabupaten Karimun tahun 2018 – 2019 yaitu pada hanya tiga kecamatan saja
diantaranya kecamatan karimun, kecamatan tebing, dan kecamatan meral. sedangkan
konsumen dalam penelitian ini adalah konsumen online bukalapak di Tanjung Balai
Karimun dengan tiga Kecamatan yaitu Kecamatan Karimun, Kecamatan Tebing, dan
Kecamatan Meral dengan total keseluruhannya 40 konsumen.

Published
2021-10-29
How to Cite
Kasirul Fadli, Haryati, Mitrayati, & Aprizal. (2021). PERSEPSI MASYARAKAT TERHADAP PELAYANAN APLIKASI ONLINE BUKA LAPAK SEBAGAI MEDIA KOMUNIKASI TEKNOLOGI (Studi Kasus Persepsi Pada Konsumen Online Bukalapak Di Kabupaten Karimun Tahun 2018 – 2019). JURNAL PURNAMA BERAZAM, 3(1), 36-51. Retrieved from https://ejurnal.universitaskarimun.ac.id/index.php/ILKOM/article/view/430
Section
OKTOBER 2021