MANAJEMEN KOMUNIKASI MASJID JABAL RAHMAH DALAM MEMPUBLIKASIKAN KEGIATAN RUTINITAS MINGGUAN KEPADA JAMA’AH DI KELURAHAN BARAN BARAT KEC. MERAL KAB. KARIMUN

  • Zalmi Dzirrusydi
  • Mitrayati
Keywords: Manajemen Komunikasi, Publikasi, Masjid

Abstract

Komunikasi merupakan salah satu cara manusia untuk memenuhi kebutuhannya baik kebutuhan pokok maupun kebutuhan berkomunikasi. Masjid merupakan tempat ibadah umat muslim dan juga sebagai tempat penyebaran dakwah. Kebutuhan informasi sangat diperlukan oleh masyarakat karena dengan informasi masyarakat bisa menambah wawasan dan pengetahuan. Memenuhi kebutuhan masyarakat terkait informasi mengenai dakwah maka diperlukan manajemen komunikasi dengan menggunakan media yang harus dikelola dengan baik oleh pengurus DKM, sehingga bisa menyampaikan informasi terkait kegiatan Masjid dan juga penyebaran dakwah yang lebih meluas. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif dengan pendekatan metode manajemen komunikasi, sedangkan teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik observasi, dokumentasi, dan wawancara. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan dan pengawasan kegiatan publikasi informasi kegiatan Masjid Jabal Rahmah. Hasil dari penelitian ini adalah perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan dan pengawasan publikasi kegiatan yang dilakukan oleh pengurus DKM Masjid Jabal Rahmah sudah sesuai dengan Manajemen Komunikasi dengan melakukan perencanaan yang berhubungan dengan kegiatan, waktu, serta brosur yang sesuai dengan tema dan kebutuhan masyarakat dan juga pelaksanaan serta pengawasan yang dilakukan secara berkala oleh pengurus DKM Masjid Jabal Rahmah.

Published
2022-11-08
How to Cite
Zalmi Dzirrusydi, & Mitrayati. (2022). MANAJEMEN KOMUNIKASI MASJID JABAL RAHMAH DALAM MEMPUBLIKASIKAN KEGIATAN RUTINITAS MINGGUAN KEPADA JAMA’AH DI KELURAHAN BARAN BARAT KEC. MERAL KAB. KARIMUN. JURNAL PURNAMA BERAZAM, 4(1), 85-94. Retrieved from https://ejurnal.universitaskarimun.ac.id/index.php/ILKOM/article/view/693
Section
APRIL 2022