ANALISIS PELAFALAN MAKHARIJUL HURUF HIJAIYAH PADA ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS DI SEKOLAH LUAR BIASA PURNAMA ASIH BANDUNG
Abstract
Anak berkebutuhan khusus merupakan anak yang memiliki kekurangan dalam segi fisik maupun dari segi psikiologisnya. Anak berkebutuhan khusus memerlukan pendekatan Pendidikan secara khusus dan juga perhatian yang ekstra. Umat muslim dianjurkan untuk belajar membaca Al-Qur’an dan mengajarkannya. Belajar Al-Qur’an tidak memandang apapun termasuk fisik. Jadi, seseorang yang memiliki kekurangan dalam fisiknya tidak ada alasan untuk tidak belajar Al-Qur’an. Sebelum belajar Al-Qur’an alangkah baiknya mengenal terlebih dahulu huruf-huruf hijaiyah dan cara melafalkannya dengan baik dan benar. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui pelafalan makharijul huruf hijaiyah pada anak yang keterlambatan dalam belajar, agar murid bisa membaca Al-Qur’an dan teks yang berbahasa Arab. Pelafalan Makharijul huruf murid di SLB Purnama Asih Bandung masih di bawah rata-rata. Bunyi dalam bahasa Arab sangat berpengaruh dalam pelafalan huruf hijaiyah. Huruf latin dan huruf hijaiyah terdapat beberapa kesamaan dalam melafalkannya ke bahasa Indonesia. Namun ada beberapa huruf hijaiyah yang tidak ada kesamaan dalam bahasa Indonesia, yaitu huruf ح، خ، ز، ض، ص، ذ، ظ، ط، ،ش،. Kesulitan yang dirasakan oleh anak-anak yaitu mereka belum bisa membedakan huruf (أ) dengan (ع), huruf (ث) dan (س), huruf (ح) dan (ه). Mereka beranggapan bahwa huruf-huruf tersebut sama dalam pelafalannya. Selain itu juga mereka kesulitan dalam melafalkan huruf hijaiyah yang berat.
Copyright (c) 2024 Rhesty Widyayuning Maharani, Hikmah Maulani
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.