ANALISIS KEMAMPUAN CALISTUNG PADA SISWA AUTIS SMP NEGERI INKLUSI DI SURABAYA
Abstract
Setiap anak memiliki potensi yang berbeda baik dalam segi akademik maupun non akademik. Perbedaan potensi tersebut juga berlaku bagi anak berkebutuhan khusus, khususnya anak autis. Potensi kemampuan akademik anak autis bisa dilihat dari kemampuan calitung yang dimilikinya. Penelitian ini menggunakan 2 siswa austis di salah satu SMP Inklusi di Surabaya. Kemampuan calistung diukur dengan alat asssessment yang dibuat oleh peneliti sendiri dan telah ditelaah oleh guru pendidikan khusus yang berada di sekolah tersebut. Penelitian ini mendapatkan bahwa kemampuan calistung kedua anak autis disekolah tersebut berbeda. Beberapa perbedaan yang tampak adalah pemahaman terhadap informasi, penyampaian ide serta komitmen terhadap tugas. Oleh sebab itu penanganan atau treatment yang diberikan kepada setiap anak dengan disabilitas harus berbeda dan disesuaikan dengan kemampuan dan kebutuhannya.
Copyright (c) 2024 Yusvita Dian Purwita, Ananda Putri Qonita Rizqy Chrisna, Distiani Fitria Kusuma
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.