ANALISIS KEMAMPUAN CALISTUNG PADA SISWA AUTIS SMP NEGERI INKLUSI DI SURABAYA

  • Yusvita Dian Purwita SMP Negeri 36 Surabaya
  • Ananda Putri Qonita Rizqy Chrisna SMP Negeri 36 Surabaya
  • Distiani Fitria Kusuma Universitas Airlangga, Surabaya

Abstract

Setiap anak memiliki potensi yang berbeda baik dalam segi akademik maupun non akademik. Perbedaan potensi tersebut juga berlaku bagi anak berkebutuhan khusus, khususnya anak autis. Potensi kemampuan akademik anak autis bisa dilihat dari kemampuan calitung yang dimilikinya. Penelitian ini menggunakan 2 siswa austis di salah satu SMP Inklusi di Surabaya. Kemampuan calistung diukur dengan alat asssessment yang dibuat oleh peneliti sendiri dan telah ditelaah oleh guru pendidikan khusus yang berada di sekolah tersebut. Penelitian ini mendapatkan bahwa kemampuan calistung kedua anak autis disekolah tersebut berbeda. Beberapa perbedaan yang tampak adalah pemahaman terhadap informasi, penyampaian ide serta komitmen terhadap tugas. Oleh sebab itu penanganan atau treatment yang diberikan kepada setiap anak dengan disabilitas harus berbeda dan disesuaikan dengan kemampuan dan kebutuhannya.

Published
2024-09-17
How to Cite
Yusvita Dian Purwita, Ananda Putri Qonita Rizqy Chrisna, & Distiani Fitria Kusuma. (2024). ANALISIS KEMAMPUAN CALISTUNG PADA SISWA AUTIS SMP NEGERI INKLUSI DI SURABAYA. JURNAL JUDIKHU, 4(1), 1 - 8. https://doi.org/10.51742/judikhu.v4i1.1266
Section
DAFTAR ISI - JUDIKHU - Jurnal Pendidikan Khusus