LAYANAN BIMBINGAN KONSELING TERHADAP PERMASALAHAN ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS KESULITAN BELAJAR YANG MERASA SALAH JURUSAN MENGGUNAKAN TEKNIK HUMANISTIK: LITERATURE REVIEW

  • Ayumi Shafa Kamila Universitas Negeri Jakarta
  • Natasya Oktavia Sari Universitas Negeri Jakarta
  • Widia Kusuma Dewi Universitas Negeri Jakarta
  • Ulfi Nadiyah Universitas Negeri Jakarta
Keywords: Pendidikan Khusus, Layanan Bimbingan Konseling, Teknik Humanistik, Kesulitan Belajar

Abstract

Abstract: Taking the wrong major in education results in difficulties in participating in class learning and feeling uncomfortable. The problem of taking the wrong major requires counseling services with a special teacher who has been facilitated by the school. This study aims to help students find solutions to their problems and provide acceptance to choose and make their own decisions. This research uses the literature study method, data collection is done by collecting references from several previous studies which are then compiled to draw conclusions. Data collection techniques use individual counseling interviews with a humanistic approach and data analysis techniques using content analysis. The subject of this research, namely students with learning difficulties in vocational high school (VHS) level. The results showed that students who have the problem of taking the wrong major can be resolved with individual counseling services with a humanistic approach. With humanistic counseling, students can make decisions for their future and can develop realistic future plans and find a better balance between their personal interests and academic obligations with teachers who continue to provide ongoing guidance. Thus it is important for students to understand their interests and passions to avoid taking the wrong major.

Keyword: Learning Difficulties, Individual counseling services, Humanistic Approach

 

Abstrak: Salah mengambil jurusan dalam menempuh pendidikan mengakibatkan munculnya kesulitan dalam mengikuti pembelajaran di kelas dan merasa tidak nyaman. Permasalahan salah mengambil jurusan memerlukan layanan konseling dengan guru khusus yang telah difasilitasi oleh sekolah. Studi ini bertujuan untuk membantu siswa menemukan solusi terhadap masalahnya dan memberikan penerimaan untuk memilih serta membuat keputusan sendiri. Penelitian ini menggunakan metode studi literatur, pengumpulan data dilakukan dengan mengumpulkan referensi dari beberapa penelitian terdahulu yang kemudian dikompilasi untuk menarik kesimpulan. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara konseling individual dengan pendekatan humanistik dan teknik analisis data menggunakan content analysis. Subjek penelitian ini, yaitu siswa dengan hambatan kesulitan belajar pada jenjang SMK. Hasil penelitian menunjukan siswa yang memiliki permasalahan salah mengambil jurusan dapat diselesaikan dengan layanan konseling individual pendekatan humanistik. Dengan konseling humanistik, siswa dapat mengambil keputusan untuk masa depannya dan dapat mengembangkan rencana masa depan yang realistis serta menemukan keseimbangan yang lebih baik antara minat pribadi dan kewajiban akademiknya dengan guru yang terus memberikan bimbingan berkelanjutan. Dengan demikian penting untuk siswa memahami minat dan passion yang dimiliki untuk menghindar dari salah mengambil jurusan.

Kata Kunci: Kesulitan Belajar, Layanan konseling Individual, Pendekatan Humanistik

Published
2024-09-17
How to Cite
Ayumi Shafa Kamila, Natasya Oktavia Sari, Widia Kusuma Dewi, & Ulfi Nadiyah. (2024). LAYANAN BIMBINGAN KONSELING TERHADAP PERMASALAHAN ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS KESULITAN BELAJAR YANG MERASA SALAH JURUSAN MENGGUNAKAN TEKNIK HUMANISTIK: LITERATURE REVIEW. JURNAL JUDIKHU, 4(1), 9 - 24. https://doi.org/10.51742/judikhu.v4i1.1277
Section
DAFTAR ISI - JUDIKHU - Jurnal Pendidikan Khusus