PENGARUH METODE MIND MAPPING TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS DESKRIPSI PESERTA DIDIK TUNARUNGU KELAS V SLB B YRTRW SURAKARTA
Abstract
Peneitian ini bertujuan mengetahui pengaruh metode mind mapping terhadap kemampuan menulis teks deskripsi peserta didik tunarungu kelas V SLB B YRTRW Surakarta. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian eksperimen dengan jenis one group pretest-posttest design. Subjek penelitiannya adalah peserta didik tunarungu di SLB B YRTRW Surakarta yang berjumlah enam siswa. Teknik pengambilan sampel yaitu dengan
purposive sampling. Teknik pengumpulan data berupa tes dan alat pengumpulan data yaitu berbentuk butir soal tes uraian. Analisis data deskriptif merupakan teknik analisis data yang dipakai dalam penelitian ini dengan menggunakan perhitungan Wilcoxon Sign Rank Test untuk menguji hipotesis. Hasil penelitian dan pembahasan menunjukkan bahwa terdapat pengaruh dari penerapan metode mind mapping terhadap kemampuan menulis teks deskripsi peserta didik tunarungu. Hal tersebut ditunjukkan dengan hasil nilai rata-rata pretest sebesar 54 yang kemudian meningkat menjadi 76 pada nilai rata-rata posttest. Hasil analisis z hitung menunjukkan taraf signifikansi sebesar 0,028 yang menunjukkan bahwa nilai signifikansi tersebut kurang dari 0,05. Dengan demikian Ho diterima dan Ha ditolak, sehingga dapat disimpulkan bahwa metode mind mapping berpengaruh terhadap kemampuan menulis teks deskripsi peserta didik tunarungu kelas V SLB B YRTRW Surakarta.
Copyright (c) 2024 Rekawati Isal Masyitoh, Donni Prakosha, Priyono
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.