PENGEMBANGAN MEDIA SURPRISE BOX UNTUK MENGENAL HURUF PADA SISWA TUNAGRAHITA SEDANG KELAS IV SLB N KARIMUN

  • Eka Ovtiana UNIVERSITAS KARIMUN
  • Zulfiana Dessyka Putri UNIVERSITAS KARIMUN
  • Karunia Yulinda Khairiyah UNIVERSITAS KARIMUN
Keywords: surprise box , mengenal huruf, tunagrahita sedang

Abstract

Dalam belajar membaca sangat berkaitan dengan kemampuan mengenal huruf, karena siswa yang kesulitan dalam mengenal huruf tentunya akan kesulitan dalam belajar membaca. Materi mengenal huruf perlu diberikan kepada siswa tunagrahita agar dapat membaca dan mampu mengikuti semua kegiatan pembelajaran di sekolah. Selama ini proses pembelajaran yang berlangsung pada materi mengenal huruf pada siswa tunagrahita sedang masih bersifat konvensional. kemampuan siswa tunagrahita katagori sedang yang mudah lupa dalam mengingat materi pembelajaran termasuk dalam hal mengingat huruf, maka dari itu peneliti membuat media yang layak untuk siswa tunagrahita sedang dalam mengenal huruf yaitu media surprise box.

Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan atau Researd and Developmen (R&D) dengan desain four-D Thiagarajan, untuk menghasilkan produk, menguji kevalidan dari segi ahli materi ahli media, respon pengguna guru kelas, uji coba skala besar dan skala kecil.

Hasil dari kedua validator ahli materi mendapatkan skor 85,7% dengan kategori sangat valid. Hasil dari kedua validator ahli media mendapatkan skor rata-rata 84% dengan kategori sangat valid. Berdasarkan kedua hali materi dan ahli media dapat disimpulkan bahwa media surprise box sangat sayak digunakan untuk media pembelajaran mengenal huruf pada anak tungrahita sedang di SLB Negeri Karimun. Hasil dari respon pengguna media surprise box dari respon siswa dengan uji coba skala kecil dan besar memperoleh nilai 91,6% dengan katagori sangat valid. Hasil dari respon guru terhadapa media surprise box untuk mengenal huruf pada siswa tunagrahita memperoleh nilai 97% dengan katagori sangat valid, respon guru terhadap media ini mendorong kemauan siswa dalam belajar mengenal huruf.

Published
2022-10-01
How to Cite
Ovtiana, E., Zulfiana Dessyka Putri, & Karunia Yulinda Khairiyah. (2022). PENGEMBANGAN MEDIA SURPRISE BOX UNTUK MENGENAL HURUF PADA SISWA TUNAGRAHITA SEDANG KELAS IV SLB N KARIMUN. JURNAL JUDIKHU, 2(1), 12-20. Retrieved from https://ejurnal.universitaskarimun.ac.id/index.php/JUDIKHU/article/view/677
Section
DAFTAR ISI - JUDIKHU - Jurnal Pendidikan Khusus