PENGEMBANGAN MEDIA MAZE UNTUK MEMBILANG 1-10 PADA ANAK TUNAGRAHITA SEDANG KELAS 4 SDLB NEGERI KARIMUN

  • Sabrina Aisaputri universitas karimun
  • Edi Kurniawan UNIVERSITAS KARIMUN
  • Zulfiana Dessyka Putri UNIVERSITAS KARIMUN
Keywords: Media Maze, Membilang 1-10, Tunagrahita Sedang

Abstract

Penelitian ini berawal dari permasalahan rendahnya kemampuan membilang pada anak tunagrahita sedang kelas di SDLB Negeri karimunn dikarna kan kurangnya media pembelajaran yang digunakan dalam membilang. Tujuan dalam penelitian ini untuk mengetahui sejauh mana kelayakan pengembangan media maze untuk membilang 1-10 pada anak tunagrahita sedang kelas 4 SDLB Negeri Karimun. Penelitian ini merupakan jenis penelitian R&D dengan model penelitian four-D Thiagarajan ( 1974 ). sampel dalam penelitian ini berjumlah 3 anak tunagrahita sedang kelas 4c SDLB Negeri Karimun.menggunakan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara dan angket. Pengumpulan data berupa angket dilakukan oleh ahli media, ahli materi, guru di SLB Karimun, dan untuk menguji produk media maze dilakukan angket tanggapan anak terhadap media maze. Hasil dari penelitian ini berupa produk media maze yang digunakan sebagai bahan pembelajaran. Berdasarkan penilaian dari ahli media memperoleh rata-rata 3,47 dengan kriteria sangat layak, penilaian dari ahli materi memperoleh rata-rata 3,8 dengan kriteria sangat layak, penilaian dari hasil tanggapan guru memperoleh rata-rata 3,8 dengan kriteria sangat layak, sedangkan hasi dari tanggapan anak memperoleh nilai rata-rata 3,84 dengan kriteria sangat layak.

Published
2022-10-01
How to Cite
Aisaputri, S., Edi Kurniawan, & Zulfiana Dessyka Putri. (2022). PENGEMBANGAN MEDIA MAZE UNTUK MEMBILANG 1-10 PADA ANAK TUNAGRAHITA SEDANG KELAS 4 SDLB NEGERI KARIMUN. JURNAL JUDIKHU, 2(1), 1-11. https://doi.org/10.51742/judikhu.v2i1.680
Section
DAFTAR ISI - JUDIKHU - Jurnal Pendidikan Khusus

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>