PENGEMBANGAN MEDIA MAZE UNTUK MEMBILANG 1-10 PADA ANAK TUNAGRAHITA SEDANG KELAS 4 SDLB NEGERI KARIMUN
Abstract
Penelitian ini berawal dari permasalahan rendahnya kemampuan membilang pada anak tunagrahita sedang kelas di SDLB Negeri karimunn dikarna kan kurangnya media pembelajaran yang digunakan dalam membilang. Tujuan dalam penelitian ini untuk mengetahui sejauh mana kelayakan pengembangan media maze untuk membilang 1-10 pada anak tunagrahita sedang kelas 4 SDLB Negeri Karimun. Penelitian ini merupakan jenis penelitian R&D dengan model penelitian four-D Thiagarajan ( 1974 ). sampel dalam penelitian ini berjumlah 3 anak tunagrahita sedang kelas 4c SDLB Negeri Karimun.menggunakan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara dan angket. Pengumpulan data berupa angket dilakukan oleh ahli media, ahli materi, guru di SLB Karimun, dan untuk menguji produk media maze dilakukan angket tanggapan anak terhadap media maze. Hasil dari penelitian ini berupa produk media maze yang digunakan sebagai bahan pembelajaran. Berdasarkan penilaian dari ahli media memperoleh rata-rata 3,47 dengan kriteria sangat layak, penilaian dari ahli materi memperoleh rata-rata 3,8 dengan kriteria sangat layak, penilaian dari hasil tanggapan guru memperoleh rata-rata 3,8 dengan kriteria sangat layak, sedangkan hasi dari tanggapan anak memperoleh nilai rata-rata 3,84 dengan kriteria sangat layak.
Copyright (c) 2022 sabrina aisaputri, Edi Kurniawan, Zulfiana Dessyka Putri
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.