ANALISIS POTENSI PAJAK REKLAME DALAM REALISASI PENDAPATAN ASLI DAERAH (PAD) PADA BADAN PENDAPATAN DAERAH KABUPATEN KARIMUN

  • Milwarni
  • Sri Reno
  • Azmia Laily
Keywords: Analisis, Pajak Reklame, PAD

Abstract

Pajak Daerah merupakan salah satu sumber pendapatan daerah yang penting, guna membiayai penyelenggaraan Pemerintah daerah dan pembangunan daerah untuk menetapkan otonomi daerah yang luas, nyata dan bertanggung jawab. Pajak Reklame dijadikan sebagai modal besar untuk para pengguna sektor perdagangan, salah satu yang paling diminati adalah pemasaran lewat media reklame. Penelitian ini ditujukan untuk mengetahui potensi penerimaan pajak reklame dan kontribusi pajak reklame di Kabupaten Karimun. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif dengan mengambil sampel laporan keuangan Kabupaten Karimun tahun anggaran 2020-2022 pada Badan Pendapatan Daerah Kabupaten Karimun. Hasil penelitian menunjukkan bahwa potensi penerimaan pajak reklame tahun 2020 masih dibawah target namun masih diatas realisasi penerimaan pajak reklame. Sedangkan potensi penerimaan pajak reklame tahun 2021 dan 2022 melebihi target dan realisasi penerimaan pajak reklame. Penulis ingin memberikan rekomendasi untuk meningkatkan pendataan subjek dan objek pajak reklame sehingga dapat diketahui dan bisa dioptimalkan potensi dan realisasi penerimaan pajak reklame.

Published
2024-02-19
How to Cite
Milwarni, Sri Reno, & Azmia Laily. (2024). ANALISIS POTENSI PAJAK REKLAME DALAM REALISASI PENDAPATAN ASLI DAERAH (PAD) PADA BADAN PENDAPATAN DAERAH KABUPATEN KARIMUN. JURNAL MARITIM, 5(2), 139-151. https://doi.org/10.51742/ojsm.v5i2.1240
Section
FEBRUARI VOL. 5 NO. 2 2024