HUBUNGAN KUALITAS PELAYANAN DENGAN FASILITAS NAIK TURUN PENUMPANG PELABUHAN INTERNASIONAL OLEH PT. PELINDO I (CABANG TBK)

  • Mey Krisselni Sitompul
  • Arief Rachman. B
  • Yuliana
Keywords: Kualitas Pelayanan, Sistem Fasilitas, Pelabuhan Internasional

Abstract

Fasilitas pelabuhan merupakan sarana dan prasarana yang dimiliki suatu usaha dalam memberikan pelayanan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan pelabuhan internasional Tanjung Balai Karimun terhadap sistem fasilitas naik turun penumpang kapal pada PT. Pelindo I (Persero) cabang Tanjung Balai Karimun. Metode dalam penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif dengan jenis penelitian kuantitatif. Data penelitian diperoleh melalui instrumen Penelitian Lapangan (Field Research) berupa observasi, 100 angket dengan 20 pertanyaan dan Penelitian Kepustakaan (Library Research). Berdasarkan hasil data yang dilakukan pada 100 responden naik dan turun, menunjukkan bahwa tingkat kualitas pelayanan dipelabuhan internasional Tanjung Balai Karimun sudah dalam kategori baik, dimana respon penumpang pelabuhan internasional Tanjung Balai Karimun berada pada persentase 71.26%. Tidak hanya itu tingkat kepuasan fasilitas penumpang pelabuhan internasional Tanjung Balai Karimun pun sudah dalam kategori baik pada angka persentase sebesar 74.16%, dan terdapat pengaruh kualitas pelayanan pelabuhan internasional Tanjung Balai Karimun terhadap sistem fasilitas naik turun penumpang kapal pada PT. Pelindo I (Persero) cabang Tanjung Balai Karimun yang dibuktikan dengan di dapatkannya kategori sedang pada angka 0,58112. Hal ini mengandung arti bahwa ada pengaruh kualitas pelayanan terhadap sistem fasilitas namun tidak terlalu signifikan.

Published
2021-08-31
Section
AGUSTUS VOL 3 NO 1. 2021