Analisis Kondisi Kerusakan Jalan Berastagi-Simpang Empat, Kabupaten Karo, dengan Metode PCI dan SDI

  • Nelly Iswanti Sembiring Program Studi Teknik Sipil, Universitas Katolik Santo Thomas
  • Reynaldo Siahaan Universitas Katolik Santo Thomas
  • Polin D. R. Naibaho Program Studi Teknik Arsitektur, Universitas Katolik Santo Thomas
Keywords: nilai kondisi jalan, pavement condition index, surface distress index

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan menilai kondisi ruas jalan dengan 2 metode umum yakni: metode PCI dan SDI. Ruas jalan yang dijadikan subyek penelitian adalah jalan Berastagi-Simpang Empat, Kabupaten Karo. Kedua metode penilaian memerlukan data survei yang dilakukan langsung ke lapangan. Metode survei, pengukuran, dan pencatatan dilakukan secara manual. Panjang ruas jalan yang disurvei adalah 7,6 kilometer dan survei dilakukan dengan cara membagi segmen jalan menjadi 76 segmen yang masing-masing segmen panjangnya 100 meter. Nilai kondisi jalan persegmen dengan metode PCI diperoleh lebih bervariasi dibandingkan dengan metode PCI. Dari hasil analisis, nilai kondisi jalan berdasarkan metode Pavement Condition Index (PCI) adalah 75,56 yang termasuk dalam klasifikasi kualitas perkerasan dengan tingkat sangat baik. Sementara itu, hasil evaluasi kerusakan jalan berdasarkan metode Surface Distress Index (SDI) adalah 14,93, yang termasuk dalam klasifikasi kualitas perkerasan dengan tingkat baik. Lebih lanjut, kedua metode menghasilkan rekomendasi berupa pemeliharaan rutin.

Published
2022-02-27
Section
FEBRUARI VOL 3 NO 2. 2022