ANALISIS PENGARUH PROMOSI TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN JASA SERVICE BENGKEL MOTOR LENI DI TANJUNG BALAI KARIMUN
Abstract
Kepuasan pelanggan terhadap perusahaan tidak terlepas dari jenis promosi yang digunakan perusahaan itu sendiri. Promosi didefinisikan sebagai koordinasi dari seluruh upaya yang dimulai pihak penjual untuk membangun berbagai saluran informasi dan persuasi untuk menjual barang dan jasa atau memperkenalkan suatu gagasan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh promosi terhadap kepuasan pelanggan bengkel Leni di Tanjung Balai Karimun. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif, karena data yang diperoleh nantinya berupa angka. Dari angka yang diperoleh akan dianalisis lebih lanjut dalam analisis data. Penelitian ini terdiri atas dua variabel, yaitu Promosi sebagai variabel bebas (independent) dan Kepuasan sebagai variabel terikat (dependent). Teknik analisis data dalam peneltian kuantitatif mengunakan statistik. Sehingga penelitian ini menggunakan statistik inferensi. Penelitian ini dapat diambil kesimpulan bahwa promosi berpengaruh terhadap kepuasan pelanggan jasa service bengkel motor Leni Tanjung Balai Karimun, dapat dilihat dari hasil Uji t (parsial) bahwa promosi menunjukkan nilai thitung 4,255 dan p value (sig) sebesar 0,030 di bawah alpha 5%. besarnya promosi berpengaruh terhadap kepuasan pelanggan jasa service bengkel motor Leni Tanjung Balai Karimun, dapat dilihat dari hasil uji determinan yaitu nilai korelasi R2= 0,602 atau 0,602 x 100% = 60.2% menunjukkan derajat hubungan yang kuat. Ini menunjukan bahwa variabel promosi dipengaruhi oleh variabel kepuasan pelanggan sebesar 60.2%. Untuk sisanya 100% - 60.2% = 39.8% dipengaruhi variabel lain seperti kualitas produk, harga dan lain-lain.