STRATEGI DIGITAL MARKETING PADA USAHA MIKRO DAN MENENGAH (UMKM) DI MASA PANDEMI COVID-19 MELALUI PENDEKATAN PEMBERDAYAAN EKONOMI RAKYAT

  • Vincentius A. M. Kusuma Universitas Pertahanan
  • Zainal A. Sahabuddin Universitas Pertahanan
  • Posma S. J. K. Hutasoit Universitas Pertahanan
Keywords: Digital Marketing, Covid-19, UMKM

Abstract

Penelitian ini fokus pada pembahasan bagaimana peran digital marketing sebagai sebuah strategi pemasaran bagi pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) melalui konsep pemberdayaan ekonomi rakyat. Strategi ini sebagai langkah adaptasi untuk dapat bertahan dan bertransformasi menjadi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) unggulan di era revolusi industry 4.0 dan di masa pandemi Covid-19. Penulisan artikel ini menggunakan penelusuran terhadap literatur (buku, majalah, koran, jurnal, dan lain-lainnya) dan menafsirkannya secara objektif melalui analisis mendalam terhadap permasalahan. Penulisan dengan metode kualitatif dapat menunjukkan penafsiran yang merupakan produk atau konsekuensi logis dari data yang diperoleh selama penelitian. Hasil dari penelitian menjelaskan bahwa pemasaran produk secara digital memberikan kemudahan pelanggan memperoleh informasi suatu produk dan dapat bertransaksi berbasis internet. Penjual dapat memantau perkembangan pasar, memperoleh informasi mengenai kebutuhan dan keinginan calon pelanggan. Selain hal tersebut, pemasaran digital lebih efektif dan efisien tanpa perlu sering mobilisasi.

Published
2022-01-12
How to Cite
A. M. Kusuma, V., A. Sahabuddin, Z., & S. J. K. Hutasoit, P. (2022). STRATEGI DIGITAL MARKETING PADA USAHA MIKRO DAN MENENGAH (UMKM) DI MASA PANDEMI COVID-19 MELALUI PENDEKATAN PEMBERDAYAAN EKONOMI RAKYAT. JURNAL CAFETARIA, 3(1), 24-35. https://doi.org/10.51742/akuntansi.v3i1.492
Section
JURNAL CAFETARIA JANUARI 2022