Penerapan Pendekatan Saintifik Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa di Kelas III SD
Abstract
Pembelajaran matematika dapat diselesaikan melalui tugas maupun dengan bekerjasama dan menjelaskan ide – ide kepada orang lain atas apa yang didapatkan dalam pembelajaran. Dalam kegiatan pembelajaran pendidik berupaya memberikan yang terbaik untuk siswanya. Tujuan perbaikan untuk : (a) meningkatkan keaktifan siswa dalam mengikuti proses belajar mengajar pada materi berat dan panjang benda (b) mengetahui tingkat keaktifan siswa pada penerapan pendekatan saintifik di kelas III SD. Perbaikan pembelajaran menggunakan dua siklus yang terdiri dari empat tahapan, yaitu : perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Sasaran perbaikan pembelajaran ini adalah siswa kelas III SD yang terdiri dari 7 orang siswa. Data berupa nilai tes formatif dan lembar tugas siswa. Hasil belajar siswa mengalami peningkatan dari siklus I (50%) ke siklus II (85%). Kesimpulan perbaikan pembelajaran ini adalah penerapan pendekatan saintifik dapat berdampak positif terhadap hasil belajar siswa dengan meningkatkannya nilai disetiap siklusnya dan memacu anak menjadi lebih aktif dalam proses pembelajaran.