PENGEMBANGAN MEDIA LKPD BERBASIS WEB PADA PEMBELAJARAN IPA PADA SISWA KELAS V SD

  • Tisrin Maulina Dewi Universitas Karimun
  • Fitria Meilina universitas karimun
  • Luna Tahera Universitas Karimun
  • Zulfiana Dessyka Putri Universitas Karimun

Abstract

Pengembangan Media Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Pembelajaran IPA Berbasis Web Untuk Siswa Kelas V Sekolah Dasar program studi pendidikan guru sekolah dasar. Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar IPA pada siswa kelas V MIS Nurul Huda. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media LKPD Berbasis Web untuk siswa kelas V sekolah dasar. Jenis penelitian yang digunakan terdapat sepuluh langkah-langkah 10 adalah Rescearch And Development (R&D) penelitian pengembangan ialah metode Borg And Gall akan tetapi penulis hanya sampai uji coba lapangan terbatas tidak sampai pada tahap diseminasi dan implementasi dikarenakan keterbatasan penelitian. Berdasarkan uji kevalidan dari beberapa ahli diperoleh hasil; (1). Ahli materi dengan nilai rata-rata 4,5 dengan kriteria “Layak”. (2). Ahli media dengan nilai rata-rata 4,2 dengan kriteria “Layak”. (3). Hasil respon guru V terhadap media LKPD berbasis web dengan nilai rata-rata 4,7 kriteria “Layak”. (4). Hasil respon siswa kelas V terhadap media LKPD berbasis web dengan nilai rata-rata 4,8 kriteria “Layak”.

Author Biography

Luna Tahera, Universitas Karimun

Pengembangan Media Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Pembelajaran IPA Berbasis Web Untuk Siswa Kelas V Sekolah Dasar program studi pendidikan guru sekolah dasar. Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar IPA pada siswa kelas V MIS Nurul Huda. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media LKPD Berbasis Web untuk siswa kelas V sekolah dasar. Jenis penelitian yang digunakan terdapat sepuluh langkah-langkah 10 adalah Rescearch And Development (R&D) penelitian pengembangan ialah metode Borg And Gall akan tetapi penulis hanya sampai uji coba lapangan terbatas tidak sampai pada tahap diseminasi dan implementasi dikarenakan keterbatasan penelitian. Berdasarkan uji kevalidan dari beberapa ahli diperoleh hasil; (1). Ahli materi dengan nilai rata-rata 4,5 dengan kriteria “Layak”. (2). Ahli media dengan nilai rata-rata 4,2 dengan kriteria “Layak”. (3). Hasil respon guru V terhadap media LKPD berbasis web dengan nilai rata-rata 4,7 kriteria “Layak”. (4). Hasil respon siswa kelas V terhadap media LKPD berbasis web dengan nilai rata-rata 4,8 kriteria “Layak”.

Published
2023-10-31
Section
Articles