PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN MIND MAPPING DAN PETA KONSEP TERHADAP HASIL BELAJAR TEMA 2 SUBTEMA 1 PEMBELAJARAN SUMBER ENERGI PADA KELAS IV SDS 010 IT CENDEKIA KAB KARIMUN

  • Dirneti
  • Fitria Meilina universitas karimun
  • Fitriani
Keywords: pdsdfkip

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar tematik pembelajaran sumber energi dan guru belum sepenuhnya menggunakan model pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk melihat pengaruh penggunaan Model Pembelajaran Mind Mapping dan Peta Konsep terhadap Hasil Belajar Tematik Tema 2 Subtema 1 Pembelajaran Sumber Energi Kelas IV SDS 010 IT Cendekia Kab.Karimun TA 2019/2020. Jenis penelitian adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan quasi eksperimen desain Experimen Group Pre-test dan Post-test. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SDS 010 IT Cendekia Kab.Karimun yang berjumlah 84 orang. Sampel dalam penelitian ini yaitu kelas IV Turki  28 orang dan kelas IV Bahrain  28 orang, total keseluruhan berjumlah 56 orang. Teknik pengambilan sampel berupa purposive sampling. Instrument   dalam penelitian ini menggunakan test objektif berbentuk pilihan ganda. Teknik analisis data menggunakan uji-t. Adapun hasil penelitian yang ditemukan adalah: 1). terdapat pengaruh yang signifikan antara penggunaan model pembelajaran mind mapping terhadap hasil belajar tematik tema 2 subtema 1 pembelajaran sumber energi kelas IV SDS 010 IT Cendekia Kab.Karimun dengan perolehan nilai sig (2tailed) 0.00 . 2). Terdapat pengaruh yang signifikan model pembelajaran peta konsep terhadap hasil belajar tematik tema 2 subtema 1 pembelajaran sumber energi kelas IV SDS 010 IT Cendekia Kab.Karimun dengan prolehan  nilai sig (2tailed) 0.00 . 3). Terdapat perbedaan pengaruh yang signifikan antara model pembelajaran mind mapping dan peta konsep terhadap hasil belajar tematik tema 2 subtema 1 pembelajaran sumber energi kelas IV SDS 010 IT Cendekia Kab.Karimun dengan perolehan nilai sig (2tailed) 0,006 .

 

 

 Kata Kunci : Mind Mapping, Peta Konsep, Hasil Belajar

Published
2020-10-29
Section
OKTOBER 2020