Analisis proses pembelajaran ANALISIS PROSES PEMBELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI DI SDS 015 VIDYA SASANA PADA MASA PANDEMI COVID-19
Abstract
Abstrak
Permasalahan dalam penelitian ini adalah Terhambatnya proses pembelajaran tatap muka antara guru dan siswa pada pembelajaran penjas, minimnya akses pemahaman pembelajaran secara online terhadap siswa maupun guru, siswa masih mengalami kesulitan memahami pembelajaran penjas melalui akses jaringan dan belum tampak jelas dan nyata strategi sekolah dalam menyajikan pembelajaran berbasis online khususnya pembelajaran penjas pada masa covid-19 di Sekolah, Ada pun tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis bagaimana proses pembelajaran pendidikan jasmani di SDS 015 Vidya Sasana Kabupaten Karimun Tahun 2020.
Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan model pendekatan studi kasus. Populasi dalam penelitian ini adalah keseluruhan guru di SDS Vidya Sasana berjumlah 26 orang. Dengan sampel dalam penelitian ini berjumlah 2 orang dengan teknik sampling kuota. Teknik pengumpulan data dilakukan langsung pada unit sampling. Setelah jatah terpenuhi, maka pengumpulan data dihentikan.
Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa proses pembelajaran pada masa pandemi covid-19 masih tetap bisa dilaksanakan dengan proses daring yang telah dibuat oleh kemendikbud dan dinas pendidikan kabupaten karimun dengan aturan- aturan yang telah diberlakukan, adapun untuk proses pembelajaran itu sendiri melalaui wali kelas dan guru bidang studi dengan menggunakan whatsap group untuk mempermudah sistem belajarnya dan ada juga yang menggunakan zoom untuk memperjelas materi yang disampaikan dan menjawab semua pertanyaan yang belum dipahami siswa atau wali murid melalui aplikasi tersebut.
Kata kunci : Proses Pembelajaran Pendidikan Jasmani Pandemi
Covid- 19