Analisis Proses Pembelajaran Daring Pada Masa Pandemi Covid-19 Di SDS 018 Plus Avicena Pada Masa Pandemi Covid-19 Tahun 2020

  • Fadli Surahman universitas karimun
  • Rafita
  • Tisrin Maulina Dewi universitas karimun

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah Terhambatnya proses pembelajaran tatap muka antara guru dan siswa pada proses  pembelajaran, minimnya akses pengetahuan siswa tentang proses pembelajaran  daring dan siswa masih kesulitan untuk mengikuti pembelajran melalui sistem online yang diberikan oleh guru,dalam proses pembelajran daring ini guru perlu berperan aktif untuk meningkatkan pembelajaran agar siswa lebih mudah mencerna apa yang disampaikan oleh guru,misalnya dengan mengembangkan metode pembelajaran yang mudah di ikuti oleh siswa.Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana proses pembelajaran daring di SDS 018 Plus Avicena Kabupaten Karimun Tahun 2020.

Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan model pendekatan studi kasus. Populasi dalam penelitian ini kepala sekolah guru kelas dan guru bidang studi. Dengan sampel dalam penelitian ini berjumlah 1 kepala sekolah 5 guru kelas dan 3 guru bidang studi dengan teknik sampling kuota. Teknik pengumpulan data dilakukan langsung pada unit sampling. Setelah jatah terpenuhi, maka pengumpulan data dihentikan.

Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa 1.Proses pembelajaran di SDS 018 Plus Avicena dilakukan secara daring sesuai dengan peraturan pemerintah dan kerja sama antara guru kelas dan guru bidang studi. Pada sistem daring siswa melakukan proses pembelajaran dirumah. 2. SDS 018 Plus Avicena melakukan proses pembelajaran melalui metode daring dan tugas yang diberikan hanya melalui aplikasi Whatsapp dan Zoom dan Class Room 3. Proses penelian SDS 018 Plus Avicena dilakukan dengan langsung. Penilaian dilakukan melalui via Whatsapp pada saat siswa mengerjakan dan mengumpulkan tugasnya. 4. Selama proses pembelajaran daring ada beberapa kendala yang ditemukan pada saat pembelajaran daring, seperti siswa masih telat dalam pengumpulan tugas,pembelajran tidak bisa di sampaikan secara efektif.

Published
2021-04-30
Section
APRIL 2021